Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nama Ahok Mencuat Digosipkan Jadi Pimpinan Ibukota Negara Yang Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 29 Februari 2020, 10:36 WIB
Nama Ahok Mencuat Digosipkan Jadi Pimpinan Ibukota Negara Yang Baru
Ilustrasi Peta IKN/Net
rmol news logo Perencanaan Ibuota Negara (IKN) baru terus dimatangkan. Lalu, siapa yang akan menjadi pemimpin ibukota baru?
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Meski IKN masih terus digodok, namun publik sudah menebak-nebak sosok yang bakal menjadi pemimpin IKN.

Diketahui bahwa IKN tidak dipimpin oleh seorang gubernur, melainkan pejabat setingkat menteri.

IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) dikelola oleh sebuah Badan Otorita. Sehingga pemimpinnya setara menteri dan ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menariknya, isu yang berkembang di masyarakat adalah nama Komisaris Utama Pertamina disebut-sebut akan menduduki jabatan itu.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hanya tersenyum lebar saat dimintai konfirmasi.

"Nanti akan diumumkan, Presiden sudah menunjuk, yang saya tahu begitu. Tapi, biarlah nanti resmi diumumkan Presiden," ujar Luhut di Istana Negara, saat ditanya kemungkinan Ahok yang menjadi Kepala Otorita Ibuota Baru, Jumat (28/2).

Luhut juga mengungkap pembiayaan proyek di IKN, seperti gedung pemerintahan, semua dibiayai oleh APBN. Sedangkan fasilitas lainnya akan dibiayai di luar APBN.

Sejumlah sarana seperti hiburan, edukasi, resor, kesehatan dan pusat keuangan akan diambil alih swasta. Setidaknya sudah 30 perusahaan dari asing maupun dalam negeri sempat mengemukakan ketertarikan.

Luhut menyebut pemerintahan bakal pindah ke ibukota baru pada kuartal pertama 2024. Sejauh ini tahapan pemindahan ibukota sudah sesuai harapan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA