Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Disetop Adalah Ironi Pembangunan Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Minggu, 01 Maret 2020, 22:45 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Disetop Adalah Ironi Pembangunan Jokowi
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR/Net
rmol news logo Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan disetop sementara mulai besok menjadi ironi tersendiri bagi pembangunan Indonesia.

"Indonesia ini negara yang ironi. Kereta cepat Jakarta-Bandung yang enggak terlalu diperlukan malah dikerjakan," kritik pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (1/3).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Riview ini pun memaparkan sejumlah sebab yang ia duga sebagai causa prima dari pemberhentian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Pertama, ia menduga kejadian ini karena kelesuan ekonomi yang terjadi di tingkat global. Sementara yang kedua karena faktor Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang bermasalah.

"Bisa saja karena fakfor keduanya. Faktor ekonomi China yang melemah dan fakfor Amdal. Namun faktor Amdal sepertinya lebih dominan," ungkap Ujang Komarudin.

"Akhirnya, kejadiannya seperti saat ini, banyak persoalan dan mengakibatkan banjir dan lain-lain," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA