Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Konflik PAN Buntut Dari Keinginan Zulhas Gabung Pemerintah, Sedang Amien Keukeuh Jadi Oposisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 02 Maret 2020, 07:15 WIB
Konflik PAN Buntut Dari Keinginan Zulhas Gabung Pemerintah, Sedang Amien <i>Keukeuh</i> Jadi Oposisi
Zulhas dan Amien Rais/Net
rmol news logo Kongres V PAN memang telah usai. Namun perseteruan antara dua kubu, yaitu ketua umum terpilih, Zulkifli Hasan dan pendiri partai, Amien Rais masih terus terjadi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Teranyar, Amien Rais mengunggah video yang berisi tuduhan bahwa kongres yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara janggal. Untuk itu, dia meminta pemerintah tidak buru-buru mengesahkan kepemimpinan besannya itu.

Di mata peneliti senior dari Institut Riset Indonesia (Insis), Dian Permata percikan perseteruan kedua tokoh ini telah dimulai pada Pilpres 2019 lalu. Di mana ada perbedaan keinginan dalam menjalin koalisi.

"Persoalan krusialnya adalah pilihan perbedaan kutub politik diantara AR (Amien Rais) dan ZH (Zulkifli Hasan). ZH sedari awal memang ingin PAN ke Jokowi. Sedangkan AR sebaliknya,” terangnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (2/3).

Ketegangan keduanya terjadi pasca pilpres. Zulhas sebagai ketum partai ingin merapat ke pemerintah. Sementara Amien Rais sebagai ketua dewan kehormatan sekaligus pendiri partai ingin PAN jadi oposisi.

Hal itu yang kemudian menjadi sumber konflik antara Zulhas dengan Amien Rais terus berlanjut di kongres dan setelah kongres berakhir.

"Perbedaan dasar krusial inilah yang membuat konflik ZH dan AR akan terus berlangsung di PAN," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA