Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno: Kondisi Lima WNI Di Jepang Yang Positif Corona Stabil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 03 Maret 2020, 23:59 WIB
Menlu Retno: Kondisi Lima WNI Di Jepang Yang Positif Corona Stabil
Menlu Retno LP Marsudi/RMOL
rmol news logo Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan perkembangan terkini mengenai status warga negara Indonesia yang berada di beberapa negara terdampak virus corona kepada sejumlah pemimpin redaksi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Menlu dua periode ini mengatakan telah melakukan komunikasi secara intensif melalui perwakilan-perwakilan Indonesia di negara-negara dengan kasus virus corona tertinggi seperti di Jepang, Italia, Iran dan Korea Selatan mengenai kondisi para WNI di negara tersebut.

“Sejauh ini kondisi warga negara kita di empat negara tersebut dalam kondisi baik. Jepang kemarin sudah selesai dengan adanya evakuasi selesai dalam artian evakuasinya sudah dilakukan,” ujar Retno usai makan malam bersama forum pimred di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Retno menjelaskan, terdapat sembilan warga negara Indonesia yang menjadi suspek virus corona di negara Jepang. Lima orang dinyatakan positif terjangkit Covid 19 kondisinya stabil, sementara empat lainnya negatif setelah menjalani pemeriksaan.

“Masih ada lima warga negara Indonesia yang berstatus positif, dulu kan ada sembilan. Empat sudah dinyatakan negatif, lima masih ada di dalam rumah sakit tetapi dengan kondisi yang stabil,” paparnya.

Selain itu, lanjut Menlu Retno, di negara lainnya yakni Korea Selatan, Italia dan Iran saat ini dalam kondisi baik.

“Sementara yang dari Korea Selatan, Italia, dan Iran kondisi warga negara kita juga dalam kondisi baik dan komunikasi intensif terus dilakukan dengan KBRI kita,” urainya.

Pihak KBRI di negara-negara sahabat, kata Retno, telah komunikasi intensif dengan otoritas pemerintah empat negara tersebut guna memastikan bahwa mereka mampu menangani masalah corona ini.

“Selain itu KBRI atau perwakilan kita juga melakukan komunikasi intensif dengan otoritas setempat dan memberikan confidence kepada otoritas setempat bahwa mereka akan bisa menangani masalah ini,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA