Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemendagri Imbau Pemberitaan Corona Sesuai Fakta Di Lapangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 04 Maret 2020, 15:15 WIB
Kemendagri Imbau Pemberitaan Corona Sesuai Fakta Di Lapangan
Kapuspen Kemendagri, Bahtiar/Net
rmol news logo Beredarnya pemberitaan mengenai ekonomi Indonesia bisa terjun bebas karena virus corona dinilai Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak tepat.

“Judul yang dimuat dimaknai negatif dan tidak berdasarkan pernyataan keseluruhan yang tercantum dalam isi berita dimaksud maupun transkrip pernyataan Mendagri Tito Karnavian,” tulis Kapuspen Kemendagri, Bahtiar dalam siaran persnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (3/3).

Maksud pernyataan Mendagri Tito Karnavian, lanjut Bahtiar, menjelaskan tentang upaya penguatan daya tahan ekonomi nasional melalui pengelolaan dana desa yang baik.

“Penguatan perlu dilakukan sebagai bentuk upaya mengurangi dampak virus corona yang menyerang sektor ekonomi nasional,” tambahnya.

Mendagri juga menyebutkan, ekonomi Indonesia terdampak negatif akibat menurunnya intensitas impor dan ekspor dengan China di lebih dari 50 negara. Hal itu terjadi mengingat China merupakan salah satu raksasa ekonomi dunia yang memasok barang-barang produksi ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Hal lain yang terdampak oleh virus corona yakni sektor pariwisata. Diakui Kemendagri, jutaan wisatawan luar negeri dari China ke berbagai daerah seperti Bali, Manado, dan Jawa Barat memang mengalami penurunan.

“Untuk itu, kami meminta klarifikasi ini dapat dijadikan bahan ralat atau perbaikan dalam pengambilan judul yang menyesatkan, yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan,” paparnya.

Pihaknya juga meminta agar media dapat memberikan informasi positif di tengah kegaduhan masyarakat akibat adanya virus corona.

“Mari kita menyatukan kekuatan setiap elemen bangsa termasuk media/pers, untuk ikut berpartisipasi bersama dalam mendukung penyelenggaraan negara dengan meningkatkan hubungan baik melalui kemitraan antara pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri dengan media,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA