Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Janji Kemiskinan Nol Persen Impossible, Mau Bayar Pakai Apa?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 08 Maret 2020, 19:20 WIB
Janji Kemiskinan Nol Persen <i>Impossible</i>, Mau Bayar Pakai Apa?
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Banyak kalangan geleng-geleng kepala dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang mewacanakan target kemiskinan ekstrem 0 persen di tahun 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Eksekutif Institute Development Economics and Finance, Tauhid Ahmad mengatakan, target tersebut sulit tercapai lantaran masih banyak persoalan ekonomi yang perlu dibenahi pemerintah.

“Imposibble, enggak mungkin itu terjadi. Mau dibayar pakai apa?” kata Tauhid ketika berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (8/3).

Seperti halnya di Jakarta. Ia menjabarkan, APBD DKI Jakarta setiap tahunnya selalu surplus sebesar Rp 10 triliun. Namun meski dua periode gubernur dilakukan, tidak pernah mencapai zero kemiskinan. Diakuinya, masih ada kemiskinan meski hanya 3 persen.

“Pemerintah enggak punya uang, 27 juta orang miskin mau dibayar dari mana kehidupannya? Ada bantuan-bantuan tapi itu tidak mencukupi,” katanya.

Pemerintah diingatkan untuk tidak terlalu berlebihan dalam menargetkan sesuatu hal yang dianggap mustahil seperti yang disampaikan Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas (ratas) tentang Strategi Percepatan Pengentasan Kemiskinan, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu lalu (4/3).

“Itu sangat mustahil, dan terlalu muluk-muluk. Boleh saja sih punya impian, tapi ini enggak logic, ada problem struktur, sosial, dan kepemilikan modal tidak bisa selesai dengan pemerintah,” urainya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA