Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Pemilu Serentak 2024, Mendagri: Opsi-opsinya Masih Dibicarakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 09 Maret 2020, 17:02 WIB
Soal Pemilu Serentak 2024, Mendagri: Opsi-opsinya Masih Dibicarakan
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian/RMOL
rmol news logo Indonesia bakal melakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bersamaan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg). Pemilihan secara serentak tersebut rencananya bakal dilakukan pada 2024 mendatang.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, pembahasan terkait mekanisme dalam melakukan atau melaksanakan Pilkada, Pilpres, serta Pileg secara serentak masih terus dilakukan.

"Tadi kan sedang dicari formatnya, ini kan masih empat tahun lagi ya. Sekarang ini lagi dibicarakan opsi-opsinya. Opsi A, opsi B," kata Tito di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (9/3).

Menurut mantan Kapolri ini, beberapa opsi terkait soal mekanisme pemilihan secara serentak cukup bagus. Meski begitu, nantinya opsi-opsi tersebut bakal dibahas terlebih dahulu oleh DPR.

"Kalau serentak dilaksanakan apa namanya itu enam opsi tadi cukup bagus dari Perludem, tapi lihat positif negatif tiap-tiap opsi. Prinsipnya adalah apapun opsinya yang terbaik, semua nanti akan dibahas kita berikan masukan di DPR. DPR yang nanti akan mengambil keputusan menjadi undang-undang," ujarnya.

Namun, menurut Tito, jika Pilpres dan Pileg berbarengan dengan Pilkada sangat berisiko dari sisi keamanan. Oleh karena itu, ia ingin agar masyarakat juga ikut memberikan masukan terkait pemilu serentak.

"Saya membayangkan risiko keamanan sangat tinggi. Oleh karena itu, mumpung sedang dibahas nantinya oleh DPR ya terutama Komisi II di Paripurna maka masukan-masukan dari semua komponen masyarakat, ini enggak ada salahnya untuk diberikan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA