Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kualitas Warning System Tsunami Jangan Dianggap Enteng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 09 Maret 2020, 20:54 WIB
Kualitas <i>Warning System</i> Tsunami Jangan Dianggap Enteng
Ridwan Bae/Net
rmol news logo Pengadaan alat Tsunami Early Warning System di Indonesia (Ina-TEWS) tidak dianggap enteng. Kualitas TEWS harus bisa dipastikan dengan benar karena alat ini menyangkut hajat hidup orang banyak.

Wakil Ketua Komisi V DPR Ridwan Bae mendesak kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) betul-betul menggunakan alat itu sesuai aturan dan mengutamakan kualitas.

“Alat-alatnya harus berkualitas. Komisi V mengimbau agar BMKG melalui pemerintah. Bahkan, kita minta kepada bapak Presiden Jokowi agar alat-alatnya up to date semua,” ujarnya kepada wartawan, Senin (9/3).

Ridwan mengurai bahwa sistem peringatan dini tsunami komprehensif, yang di dalamnya telah diterapkan teknologi baru yang dikenal dengan decision support system itu sangat penting. Ini lantaran alat tersebut memiliki peranan penting dalam mitigasi bencana tsunami.

Dia menggarisbawahi agar salah satu komponen penting dalam Ina-TEWS ada, yaitu Central Hub. Central Hub merupakan salah satu rangkaian dari sistem teknologi untuk mengetahui magnitudo gempa bumi yang berkaitan dengan tsunami.

“Artinya, kehadiran alat ini sangat membantu masyarakat untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar meminimalisir dampak yang tidak diinginkan,” tutup politisi Golkar itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA