Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Wabah Corona, DPR Minta Kemlu Maksimalkan KBRI Lindungi WNI Di Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 13 Maret 2020, 15:35 WIB
Soal Wabah Corona, DPR Minta Kemlu Maksimalkan KBRI Lindungi WNI Di Luar Negeri
Komisi I DPR minta Kemlu maksimalkan KBRI/RMOL
rmol news logo Komisi I DPR meminta Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, selaku mitra kerjanya di DPR, untuk memberikan perlindungan terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di luar negeri. Terutama karena mereka saat ini juga tidak bisa pulang ke Indonesia sampai wabah corona di sini mereda.

Demikian disampaikan Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, di sela-sela diskusi publik "Bersatu Melawan Corona" yang digelar DPP Partai Golkar di Litle League Caffe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/3).

"Kita juga harusnya memberdayakan perwakilkan kita di luar negeri untuk melakukan pendeteksian masyarakat kita di luar negeri," kata Meutya Hafid.

Sebab, sambungnya, untuk saat ini WNI yang masih berada di luar negeri sebaiknya tidak dipulangkan, mengingat wabah virus corona masih melanda Indonesia. Karena itu, WNI yang masih berada di luar negeri tetap harus diberikan perlindungan.

"Jadi bagaimana memaksimalkan KBRI-KBRI untuk mengadvokasi WNI kalau ada yang suspect, disalurkan ke rumah sakit-rumah sakit. Jangan sampai ada kesulitan warga kita untuk mendapatkan akses," tuturnya.

Atas dasar itu, politikus Golkar ini mengimbau pemerintah tetap melakukan langkah antisipatif dengan memberikan edukasi dan informasi kepada warganya baik yang di dalam maupun luar negeri.

"Jadi kita maksimalkan di situ, dan harus maksimalkan sosialisasi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA