Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Capres 2024 Cyrus Network, Elektabilitas Anies Baswedan Disalip Ganjar Pranowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 13 Maret 2020, 21:55 WIB
Survei Capres 2024 Cyrus Network, Elektabilitas Anies Baswedan Disalip Ganjar Pranowo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Lembaga Survei Cyrus Network merilis hasil survei nasional yang digelar pada 24-30 Januari 2020 tentang "Isu-Isu Politik dan Pemerintahan Terkini Persepsi Publik".

Salah satu hasil temuannya, dari 7 nama yang memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden (capres) terkuat di Pilpres 2024 mendatang.

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengalami kenaikan elektabilitas dan menyalip Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Diketahui, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas 13,2 persen. Sedangkan Anies Baswedan memperoleh tingkat elektabilitas 13 persen.

"Jadi, hasil ini menempatkan Ganjar Pranowo sedikit lebih unggul dibandingkan Anies Baswedan," ujar CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto saat memaparkan rilis sueveinya, di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/3).

Eko Dafid Afianto mengungkapkan, salah satu faktor menurunnya elektabikitas Anies Baswedan antara lain akibat kebijakan kontroversi pada penyusunan sejumlah item di APBD DKI Jakarta. Juga, persoalan banjir di awal tahun yang menyisakan sejumlah persoalan di tengah masyarakat.

"Sebab, persoalan-persoalan di DKI juga menjadi perhatian masyarakat Indonesia secara keseluruhan," imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan urutan tingkat elektabilitas 7 nama capres potensial Pilpres 2024 mendatang, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih unggul dengan raihan 23,8 persen.

Disusul Sandiaga Uno 18,8 persen, Ganjar Pranowo 13,2 persen, Anies Rasyid Baswedan 13,0 persen.

Kemudian, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 8,2 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 5,8 persen, dan Mendagri Jenderal Tito Karnavian dengan 3,0 persen.

Sekadar informasi, yang melibatkan 1.230 responden ini menggunakan metode random sampling dengan margin of error 2,85 dan tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA