Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Penyebaran Corona, DPR Ingatkan Pemerintah Tingkatkan Dukungan Penanganan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 16 Maret 2020, 10:44 WIB
Cegah Penyebaran Corona, DPR Ingatkan Pemerintah Tingkatkan Dukungan Penanganan
Ketua DPR RI, Puan Maharani/Net
rmol news logo Ketua DPR RI, Puan Maharani, mendukung sistem penanggulangan Covid-19 yang diterapkan pemerintah dengan melakukan isolasi terbatas dan karantina wilayah berdasarkan UU No 16 tahun 2018 tentang karantina.

Pemerintah pun meminta masyarakat membatasi pertemuan yang melibatkan banyak orang. Serta, menyarankan warga untuk bekerja dari rumah serta aktivitas lainnya yang mendukung social distancing.

“Karena itu DPR RI meminta pemerintah dan masyarakat disiplin melaksanakan social distancing,” ujar Puan melalui keterangannya, Senin (16/3).

Puan juga meminta pemerintah segera meningkatkan dukungan yang diperlukan bagi fasilitas dan tenaga kesehatan untuk penanganan corona.

“Termasuk menggratiskan biaya pengobatan dan biaya tes specimen, bagi mereka yang terpapar Corona,” tambahnya.

Begitu pula dengan memperluas distribusi alat penapisan atau screening dan uji sample ke daerah-daerah. Tes ini tidak hanya terpusat di Balitbang Kementerian Kesehatan.

Selain itu, regulasi tentang wabah penyakit juga disorot politikus PDI Perjuangan ini. Khususnya revisi terhadap UU No 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular, harus dan segera diperkuat.

“Sehingga memberikan landasan hukum yang cukup bagi pemerintah dalam mengambil tindakan pencegahan dan penanganan wabah penyakit secara efektif,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA