Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus TKA Kendari, Hinca: Jika ‘Hoax’ Hanya Disematkan Ke Rakyat, Sama Saja 'Equality Before The Law' Dikhianati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 17 Maret 2020, 14:29 WIB
Kasus TKA Kendari, Hinca: Jika ‘Hoax’ Hanya Disematkan Ke Rakyat, Sama Saja 'Equality Before The Law' Dikhianati
Hinca Pandjaitan/Net
rmol news logo Kehadiran tenaga kerja asing (TKA) asal China di Bandara Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara pada Minggu (15/3) masih menyisakan banyak pertanyaan.

Terlepas fakta yang saling tumpang tindih, nasib perekam kedatangan TKA China tersebut turut menyita sorotan publik. Baca: Tumpang Tindih Fakta Di Balik Kedatangan Puluhan WN China Di Kendari

Pasalnya, perekam video bernama Hardiono tersebut telah ditangkap polisi dan dianggap sebagai penyebar informasi palsu alias hoax.

Meski demikian, Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam memastikan pria 39 tahun asal Desa Onewila, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) itu tidak ditahan dan langsung dilepas usai dimintai keterangan. Adapun sebelum dilepas, Hardiono turut diminta untuk meminta maaf atas apa yang dilakukan.

Menurut politisi Partai Demokrat, Hinca Pandjaitan kasus yang menimpa Hardiono harus menjadi pelajaran untuk seluruh pihak dalam memberi informasi kepada publik.

Secara khusus Hinca menyoroti tentang penyematan istilah hoax kepada masyarakat yang kedapatan mengungkap sesuatu, padahal belum diputus pengadilan.

“Jika label hoax hanya disematkan pada rakyat, sedangkan aparat & penguasa memberi informasi yg salah hanya disebut "keliru”, sesungguhnya negara kita mengkhianati sebuah asas hukum "equality before the law”,” tutur anggota Komisi III DPR itu di akun Twitter pribadi.

Dalam kasus ini, ada silang pendapat antara pihak kepolisian dengan pihak Kemenakertrans dan Kemenkumham mengenai status pendatang yang terekam di video, termasuk mengenai data perjalanan mereka di Indonesia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA