Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Tidak Perlu Panik, Ini Kunci Agar Lockdown Berjalan Efektif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 17 Maret 2020, 16:21 WIB
Jokowi Tidak Perlu Panik, Ini Kunci Agar <i>Lockdown</i> Berjalan Efektif
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo tidak perlu takut melakukan lockdown dalam mengatasi sebaran virus corona baru atau Covid-19.

Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies (Infus) Gde Siriana mengatakan bahwa lockdown memberikan hasil perlambatan penyebaran virus lebih cepat karena mengurangi risiko penularan antar daerah.

Gde Siriana turut membeberkan kunci agar lockdown bisa efektif. Pertama dibutuhkan kepemimpinan Jokowi sebagai pemegang kekuasaan pemerintah yang kuat. Kedua, butuh penegakan aturan-aturan lockdown oleh aparat dan ketersediaan logistik, artinya distribusi logistik antar daerah tetap berjalan baik.

“Ketika pabrik-pabrik dan pasar tutup, maka distribusi logistik yang menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat selama lockdown harus dapat dijalankan oleh pemerintah,” urainya kepada redaksi, Selasa (17/3).

Untuk itu, Gde Siriana meminta Jokowi untuk kembali menimbang kebijakan secara matang, apakah akan menerapkan social distancing atau lockdown.

“Tetapi apapun itu kerugianmya pemerintah tidak boleh mengorbankan kesehatan masyarakat. Jangan lagi memikirkan ekonomi apalagi kekuasaan,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA