Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Urai Kisah Rasul Dan Sahabat, Ustaz Dasad Ingatkan Umat Tidak Pasrah Hadapi Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 18 Maret 2020, 14:47 WIB
Urai Kisah Rasul Dan Sahabat, Ustaz Dasad Ingatkan Umat Tidak Pasrah Hadapi Corona
Ustaz Dasad Latif/Net
rmol news logo Masyarakat Indonesia harus menjalankan imbauan upaya menjaga kebersihan dan kesehatan agar tidak terjadinya penularan virus corona baru atau Covid-19.

Begitu yang disampaikan oleh Ustaz Dasad Latif saat menjadi narasumber di Realita TV yang diunggah di YouTube pada hari ini, Rabu (18/3).

Menurut Ustaz Dasad, setiap manusia yang beriman tidak boleh pasrah atas kematian yang siap mengintai seseorang kapan pun. Apalagi beranggapan bahwa takdir sakit atau kematian sudah ditakdirkan.

Ustaz Dasad pun memberikan contoh kisah sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Umar Bin Khatab saat menghadapi wabah penyakit di suatu tempat.

Pada saat itu, kata Ustaz Dasad, ada sahabat dari Umar Bin Khatab yang ngotot ingin masuk ke suatu tempat yang sedang terjangkit wabah penyakit. Namun, Umar Bin Khatab melarang. Sontak sang sahabat langsung mengajukan protes lantaran menganggap wabah penyakit sudah ditakdirkan oleh Allah SWT.

"Lalu dikomplain sama sahabat yang lain, Ya amirul mukminin, presiden kalau sekarang. Ya amirul mukminin, ini kan takdir Allah. Umar lantas memberi contoh ada dua lahan. Satu lahan subur, satu lahan gersang. Kau punya sapi, mana yang kau masukkan ke dalam?" kata Ustaz Dasad, Rabu (18/3).

"Kau mau memasukkan ke dalam lahan gersang itu juga takdirmu, kalau kau masukkan ke dalam yang lahan subur juga itu takdirmu," sambung Ustaz Dasad.

Sehingga, kata Dasad, sahabat tersebut lebih memilih tidak mau masuk ke tempat yang sedang terjangkit wabah penyakit.

"Rasulullah kan sudah menginformasikan ini wabah sudah jelas. Apa jelasnya? WHO, intitusi jelas-jelas mengurusi kesehatan sedunia mengatakan bahwa ini pandemik, ini penyakit yang mengglobal dan bersamaan. Pandemik ini karena bersamaan dan global, kalau di global tidak bersamaan, bisa diatasi," jelas Ustaz Dasad.

Tak hanya itu, Ustaz Dasad pun juga memberikan contoh lainnya soal ikhtiar. Di mana, Rasulullah SAW sedang melakukan khutbah, tiba-tiba ada sahabat yang masuk ke masjid untuk melaksanakan Shalat Jumat.

Kemudian, Nabi Muhammad SAW bertanya kepada sahabat soal keberadaan hewan onta yang dibawa oleh sahabat tersebut.

"Di mana kau simpan ontamu? Di luar. Kok ndak diikat? Ndak, saya pasrah kepada Allah. (Kata Nabi) tidak, ikat dulu baru pasrah," terang Ustaz Dasad.

Dengan demikian kata Ustaz Dasad, dari contoh yang dia ambil harus dijadikan rujukan untuk selalu melakukan sesuatu sebelum pasrah kepada Tuhan.

"Dalam islam hanya datang di Masjid berdoa minta dilindungi dari corona, tapi dia tidak menjaga kebersihan. Tidak (seperti itu) ada sunatullah, ikuti aturan bagaimana menghindari corona ini," tegas Ustaz Dasad. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA