Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

3 Hal Yang Harus Dilakukan Pemerintah Dalam Membuat Paket Kebijakan Hadapi Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 18 Maret 2020, 17:23 WIB
3 Hal Yang Harus Dilakukan Pemerintah Dalam Membuat Paket Kebijakan Hadapi Corona
Martin Manurung/Net
rmol news logo Fraksi Partai Nasdem DPR meminta pemerintah menyiapkan paket kebijakan yang sifatnya lintas sektor.
 
Pasalnya, kata anggota Fraksi Nasdem Martin Manurung, sejauh ini kebijakan yang dikeluarkan masing-masing menteri hanya terbatas di sektornya sendiri.

Menurutnya, pemerintah harus membuat simulasi dampak Covid-19 terhadap sektor-sektor ekonomi. Martin pun mengurai tiga prioritas kebijakan yang bisa dilakukan pemerintah.

“Sektor-sektor ekonomi yang terdampak langsung. Dugaan saya, misalnya, sektor pariwisata, transportasi, retail (termasuk UMKM retail), dan manufaktur yang human intensive (melibatkan banyak tenaga kerja),” kata Martin kepada wartawan, Rabu (18/3).

Kedua, lanjut Martin, pemerintah harus memilah kembali sektor - sektor tersebut dari melihat kinerja menengah dan mana yang harus diprioritaskan.

“Tujuannya, agar mereka dapat bertahan dan tetap berkontribusi bagi perekonomian. Sementara yang selama ini memang kinerjanya buruk, ditangani nanti,” tambahnya.

Anggota Komisi VI ini juga meminta agar pemerintah membuat skema mempertahankan sisi permintaan kebutuhan masyarakat tetap stabil.

“Misalnya, apakah perlu penurunan suku bunga atau perpanjangan pungutan pajak agar masyarakat tetap memiliki daya beli,” katanya.

“Kebijakan sisi permintaan ini mungkin akan menaikkan inflasi, sehingga perlu diukur batas maksimalnya. Inflasi naik sedikit masih baik, agar pertumbuhan ekonomi bisa dihambat penurunannya,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA