Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korban Terus Bertambah, Demokrat Sarankan Pemerintah Lockdown Sementara Kota Terinfeksi Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 20 Maret 2020, 13:18 WIB
Korban Terus Bertambah, Demokrat Sarankan Pemerintah Lockdown Sementara Kota Terinfeksi Corona
Agus Harimurti Yudhoyono/Net
rmol news logo DPP Partai Demokrat mengusulkan kepada pemerintah agar melakukan lockdown sementara dalam rangka menyelamatkan seluruh warga Indonesia. Sebab, jumlah korban akibat wabah virus corona (Covid-19) cenderung meningkat signifikan.

Berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19, per Kamis (19/8) kemarin, setidaknya teridentifikasi 309 pasien berstatus positif dan diperkirakan masih akan bertambah karena kemungkinan masih banyak yang under-diagnosis.

"Agar upaya pemerintah untuk menyelamatkan rakyat lebih sukses, Partai Demokrat menyampaikan rekomendasi melakukan 'lockdown' dalam jangka pendek. Terutama di kota-kota yang paling berat terinfeksi corona," kata Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dalam keterangan pers, Jumat (20/3).

AHY menjelaskan, jika pemerintah melakukan lockdown jangka pendek di beberapa Kota di Indonesia yang telah dinyatakan rawan penyebaran virus corona, maka hal itu diyakini mampu menahan arus keluar masuk manusia dan bisa meminimalisir penyebaran virus.

"Sampai dianggap aman untuk dibuka kembali. Dengan tetap menjaga kelancaran arus barang bahan pokok, maka diharapkan bisa meminimalisi menyebarnya virus corona," jelasnya.

Menurut AHY, memang lockdown jangka pendek maupun panjang sedikit banyaknya akan berdampak pada sejumlah sektor terutama ekonomi. Namun, keselamatan warga negara jauh lebih prioritas dari semuanya itu.

"Lockdown pasti akan berdampak pada ekonomi, tapi keselamatan manusia dan masyarakat adalah yang pertama dan utama," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA