Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Rapid Test, Demokrat Minta Pemerintah Transparan Soal Data Penyebaran Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 20 Maret 2020, 14:18 WIB
Selain <i>Rapid Test</i>, Demokrat Minta Pemerintah Transparan Soal Data Penyebaran Covid-19
Agus Harimurti Yudhoyono/RMOL
rmol news logo Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mendesak pemerintah segera melakukan rapid test atau tes cepat secara massal untuk pemeriksaan imuniglobulin sebagai screening awal wabah corona di tanah air.

Rapid test ini diharapkan agar dilakukan secara menyeluruh dari Sabang sampai Merauke dan dilakukan sesegera mungkin.

Demikian disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Jumat (20/3).

"Lakukan upaya penghentian penyebaran virus Corona di seluruh Indonesia secara intensif, masif dan terkoordinasi. Kebutuhan melakukan rapid test secara masif untuk mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran virus, semakin mendesak," tegas AHY.

Putera sulung Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono ini menyarankan, dalam upaya rapid test covid-19 itu nantinya pemerintah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

"Perlu disinergikan langkah koordinasi pusat dan daerah, serta koordinasi antar daerah," tuturnya.

Lebih lanjut, AHY juga mengimbau agar pemerintah membuka data penyebaran covid-19 yang akurat secara transparan.

Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terutama di wilayah-wilayah rawan virus corona.

"Kami juga memandang perlunya perbaikan akurasi serta transparansi data dan informasi terkait peta penyebaran corona, agar masyarakat lebih waspada dan kebijakan penanganannya lebih cepat dan tepat," demikian AHY.

Sekadar informasi, data teranyar dari Gugus Tugas Penanganan virus corona yang dibentuk pemerintah mencatat jumlah kasus positif corona mengalami peningkatan signifikan. Dari sebelumnya 227 kasus kini melonjak naik menjadi 309 dinyatakan positif covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA