Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebijakan Penundaan Cicilan Bank Bagi Usaha Kecil Perlu Dipertimbangkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 20 Maret 2020, 17:57 WIB
Kebijakan Penundaan Cicilan Bank Bagi Usaha Kecil Perlu Dipertimbangkan
Muhammad Nabil Haroen/Net
rmol news logo Sebaran virus corona baru (Covid-19) tidak hanya berdampak ada kesehatan, namun juga pada sisi ekonomi dan ketahanan pangan warga.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Muhammad Nabil Haroen mengatakan, beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan, salah satunya penundaan cicilan bank bagi usaha kecil dan menengah.

"Pemerintah harus kaji kebijakan penundaan cicilan utang bank bagi pengusaha atau pedagang Kecil," ujar Nabil, Jumat (20/3).

Nabil menyampaikan dalam beberapa waktu terakhir, dia mendapatkan banyak laporan dari warga di beberapa daerah. Efek dari virus corona ini sudah berdampak pada ekonomi keluarga.

"Khususnya mereka yang menggantungkan nafkah dari jasa harian, atau pedagang kecil," katanya.

Nabil menambahkan banyak warga kelas bawah yang meminjam uang ke bank sebagai modal usaha mereka agar dapat hidup memenuhi kebutuhan sehati-hari dan mengeluhkan sulitnya mendapatkan uang lantaran pendapatan mereka berkurang.

"Sebagian besar dari mereka mengeluh karena pendapatan berkurang drastis, atau bahkan tidak ada pendapatan dalam beberapa hari atau pekan terakhir. Sementara, angsuran bulanan tetap berjalan. Maka, perlu dipertimbangkan untuk kebijakan peringanan angsuran, atau penundaan sesuai dengan kondisi masing-masing," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA