Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cepat Menular, Alasan Mengapa Masyrakat Indonesia Khawatir Dengan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 20 Maret 2020, 21:36 WIB
Cepat Menular, Alasan Mengapa Masyrakat Indonesia Khawatir Dengan Covid-19
Ilustrasi/Net
rmol news logo Mayoritas masyarakat Indonesia mengungkapkan kekhawatirannya terkait penyebaran wabah virus corona atau Covid.

Fakta tersebut diperoleh dari survei Indobarometer bersama RRI bertema "Jurnalisme Presisi: Isu Virus Corona di Indonesia".

"Di Indonesia, publik yang merasa khawatir terhadap berita covid – 19 sebanyak 68 persen, sementara yang mengaku tidak khawatir 32 persen," ujar peneliti Indobarometer, Asep Saepudin dalam keterangannya, Jumat (20/3).

Asep Saepudin menyebutkan, ada tiga alasan utama dari kehawatiran masyarakat tersebut. Tertinggi, mereka khawatir karena penularan virus yang sangat cepat.

"Alasan mengapa publik khawatir, karena penularannya sangat mudah 46,8 persen, covid–19 dapat menyebabkan kematian 17,8 persen, takut terinfeksi virus corona 8,5 persen, belum ada obat atau vaksin corona 7,5 persen," jelasnya.

Sementara, untuk yang tidak khawatir dikarenakan sudah tahu cara pencegahan yakni 32,8 persen, menjaga kesehatan dan kebersihan 28,9 persen serta jumlah yang tertular masih sedikit 19,5 persen.

Survei dilakukan di 7 provinsi di Indonesia yaitu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Populasi tujuh provinsi tersebut setara dengan 64.9 persen populasi nasional).

Jumlah sampel sebesar 400 responden tersebar secara proporsional. Dengan margin of error sebesar ± 4.90%, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun waktu pengumpulan data Tanggal 10–16 Maret 2020 dengan
metode penarikan sampel yang digunakan adalah quota and purposive sampling. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.