Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panglima TNI: Hercules Pembawa 9 Ton Alkes Dan Obat Dari Shanghai Tiba Di Halim Besok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 22 Maret 2020, 14:57 WIB
Panglima TNI: Hercules Pembawa 9 Ton Alkes Dan Obat Dari Shanghai Tiba Di Halim Besok
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Wisma Atlet/RMOL
rmol news logo Pesawat TNI C-130 Hercules yang mengangkut alat kesehatan (alkes) dari Shanghai, China akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin (23/3).

Penegasan itu sebagaimana disampaikan langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai meninjau persiapan Wisma Atlet Kemayoran jadi Rumah Sakit Darurat Khusus Covid-19, Minggu (22/2).

Menurutnya, Hercules yang mengangkut 9 ton lebih yang berisi peralatan medis dan obat corona sudah terbang dari Shanghai, China pada hari ini.

"Jadi informasi pengambilan obat di Shanghai kita kemarin sudah terbangkan satu pesawat Hercules, dengan kapasitas membawa peralatan maupun obat kurang lebih 9 ton. Hari ini mereka terbang dari Shanghai menuju Jakarta," ujarnya.

Pesawat Hercules tersebut, kata Hadi, akan transit di Ranai, Natuna, Kepulauan Riau dan akan landing di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Senin (23/3) sekitar pukul 09.30 WIB.

"Dan barang-barang itu menjadi tanggung jawab dari Kepala Gugus Tugas, dan itu digudangkan di Halim, dan besok akan diterima oleh Wamenhan dan Kasum TNI," pungkasnya.

Berdasarkan informasi Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman, pesawat Hercules tersebut sudah tiba di Lanud Sadjad Natuna, Indonesia. Pesawat tersebut akan melaksanakan penerbangan dari Natuna menuju Jakarta dan mendarat di Lanud Halim Jakarta pada besok pagi.

Pesawat ini berangkat pada Sabtu (21/3), sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan virus corona di Indonesia . 
 
Adapun alat-alat kesehatan yang diambil disposable masks, n95 masks, protective  clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps. Peralatan kesehatan tersebut merupakan hasil kerja sama G to G  antara  Pemerintah Republik Indonesia  dengan Pemerintah Republik Rakyat China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA