Menteri Johnny Seharusnya Bantu Gratiskan Kuota Internet Bagi Anak Sekolah

Senin, 23 Maret 2020, 07:28 WIB
Laporan: Jamaludin Akmal

Johnny G Plate/Net

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Johnny G. Plate dinilai tidak memberikan peran berarti ke masyarakat dalam mengatasi wabah virus corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Setidaknya penilaian itu sebagaimana disampaikan Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie Massardi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (23/3).

Menurut mantan Jurubicara Presiden KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, peran Menkominfo sangat ditunggu oleh masyarakat Indonesia yang sedang mengikuti arahan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Arahan pemerintah yang dimaksud adalah mengenai penerapan social distancing dan imbauan work from home (WFH).

"Padahal ketika social distancing ini kemudian work from home itu kan memerlukan kuota (internet)," ujarnya.

Sehingga, kata Adhie, Sekjen Partai Nasdem itu seharusnya turut berperan aktif agar masyarakat tetap mau mengikuti arahan pemerintah untuk berada di dalam rumah. Sehingga penyebaran virus corona yang semakin luas bisa efektif dicegah.

Salah satu peran yang bisa dilakukan adalah dengan mengupayakan adanya kuota internet gratis bagi rakyat, khususnya anak sekolah yang sedang belajar dari rumah dengan memanfaatkan jaringan maya.

"Tidak ada yang dilakukan oleh Kominfo untuk misalnya menggratiskan atau mengurangi harga atau biaya kuota internet. Harusnya itu kan dilakukan untuk menolong masyarakat terutama anak-anak sekolah," jelas Adhie.

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020