Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua DPR: Pemerintah Harus Prioritaskan Penguatan Daya Beli Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 23 Maret 2020, 10:18 WIB
Ketua DPR: Pemerintah Harus Prioritaskan Penguatan Daya Beli Masyarakat
Puan Maharani minta pemerintah fokus dalam penguatan daya beli masyarakat di tengah wabah corona/Net
rmol news logo Wabah corona telah memberi dampak signifikan bagi ekonomi Indonesia. Nilai tukar rupiah terjun bebas dan indeks harga saham gabungan (IHSG) anjlok akibat sentimen dari merebaknya virus corona yang masih belum kunjung mereda.

Karena itu, terkait dengan masifnya penyebaran wabah virus corona, Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk lebih memprioritaskan penguatan daya beli masyarakat.

“Realokasi anggaran negara bisa diarahkan kepada program-program penguatan daya beli masyarakat yang terdampak wabah corona. Terutama mereka yang kehilangan pendapatan akibat kebijakan social distancing, serta pemberian insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan wabah Corona,” ujar Puan melalui keterangannya, Senin (23/3).

Mantan Menko PMK ini juga mengimbau pemerintah harus dapat mengantisipasi melonjaknya angka inflasi. Salah satunya harga kebutuhan pokok yang bakal tinggi serta alat medis terkait penanganan Covid-19.

“Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Bulog, dan BUMN perlu berkoordinasi untuk meningkatkan kekuatan stok pangan dan alat medis pelindung diri akibat lonjakan permintaan dan pembelian barang tersebut,” paparnya.

Sementara soal makin melemahnya nilai tukar rupiah, Puan menyarankan pemerintah untuk berkoordinasi dengan Bank Indonesia dengan baik.

“Selain kebijakan moneter yang efektif, langkah-langkah pemerintah yang terukur dan kredibel dalam penanganan wabah corona akan memperkuat kepercayaan pasar, sehingga dapat meredam kejatuhan nilai tukar rupiah,” katanya.

“DPR lewat komisi-komisi terkait akan mengawasi penggunaan realokasi anggaran tersebut agar pemanfaatannya sesuai dengan program penanggulangan virus corona serta program penanggulangan dampak ekonominya,” demikian Puan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA