Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Perlu Lockdown Zona Merah Sebelum Musim Mudik Datang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 23 Maret 2020, 12:13 WIB
Pemerintah Perlu <i>Lockdown</i> Zona Merah Sebelum Musim Mudik Datang
Dedi Kurnia Syah/Net
rmol news logo Pemerintahan Presiden Joko Widodo didesak untuk segera melakukan lockdown atau karantina terhadap sejumlah wilayah yang masuk dalam zona merah sebaran virus corona baru atau Covid-19.

Hal itu harus segera diputuskan oleh Presiden Jokowi mengingat pemerintah hanya punya waktu efektif selama tiga pekan sebelum memasuki bulan Ramadan atau bulan puasa bagi umat muslim.

Terlebih, saat akhir puasa atau jelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat sudah berbondong-bondong mudik ke kampung halaman masing-masing.

Begitu kata pengamat politik dari Universitas Telkom, Dedi Kurnia Syah saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (23/3).

"Pemerintah hanya miliki waktu efektif 3 pekan, memasuki bulan puasa publik sulit dikendalikan untuk tidak berkerumun," ujarnya.

Apalagi, sambung Dedi, masyarakat Indonesia mayoritas bukan tipe warga yang patuh terhadap imbauan pemerintah. Publik akan sulit mengikuti aturan agar tetap berada di dalam rumah.

Dengan demikian, lockdown merupakan salah satu cara agar laju penyebaran virus corona dapat dihentikan.

"Terlebih musim pulang kampung di depan mata, warga negara kita bukan tipe yang patuh dengan imbauan, harus tutup akses, bukan sekadar mengimbau," pungkas direktur eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA