Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maruf Amin Minta MUI Bolehkan Salat Tanpa Wudu Dan Tayamum Bagi Petugas Medis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 23 Maret 2020, 15:19 WIB
Maruf Amin Minta MUI Bolehkan Salat Tanpa Wudu Dan Tayamum Bagi Petugas Medis
Wapres Maruf Amin(kiri) bersama Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) diminta untuk mengeluarkan fatwa lain terkait penanganan virus corona baru (Covid-19).

Disampaikan Wakil Presiden, Maruf Amin, MUI diminta mengeluarkan fatwa terkait hukum bersuci sebelum melaksanakan ibadah salat.

Pasalnya, dia mendapat laporan tentang petugas medis yang kesulitan melakukan ibadah karena menggunakan alat pelindung diri (APD) yang tidak bisa dilepas saat menangani pasien corona.

"Jika para petugas medis menggunakan APD, sehingga tidak bisa dibuka sampai 8 jam, dan ketika dia mau salat tidak bisa wudu, tidak bisa tayamum. Saya mohon ada fatwa perbolehan orang salat tanpa wudhu, tanpa tayamum," ucap Maruf Amin di Gedung Graha BNPB, Jalam Pramuka Raya, Matraman, Jakarta Timur, Senin (23/3).

Lebih lanjut, mantan Rais Aam PBNU ini mengatakan, fatwa ini penting untuk mempermudah ibadah petugas medis di tengah penanganan virus corona.

"Sehingga mereka, para petugas menjadi tenang. Kalaupun sudah terjadi, tapi itu mesti ada fatwanya," jelas Maruf Amin.

"Ini sekarang sudah dihadapi oleh para petugas medis. Sehingga saya meminta majelis ulama membuat fatwa terkait hal itu," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA