Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Ada Yang Sudah Diisolasi, Tapi Malah Bantu Tetangganya Yang Hajatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 24 Maret 2020, 12:55 WIB
Jokowi: Ada Yang Sudah Diisolasi, Tapi Malah Bantu Tetangganya Yang  Hajatan
Presiden Jokowi/Net
rmol news logo Kedisiplinan masyarakat Indonesia bisa dikatakan masih kurang. Hal itu yang menjadi pertimbangan pemerintah saat harus memilih opsi-opsi sebagai langkah penanganan penyebaran virus corona.

Dalam konferensi pers melalui video kepada jajarannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan agar semua instansi pusat dan daerah saling mendukung dan mengutaman keselamatan.

"Pertama, keselamatan adalah yang utama, kesehatan adalah yang utama. Kedua, siapkan social safety net-nya, atau bantuan sosialnya. Ketiga, dampak ekonomi dihitung betul sehingga kesiapan dalam menyediakan stok pangan betul-betul ada," ujar Jokowi, Selasa (24/3).

Jokowi pun lagi-lagi menyinggung upaya lockdown yang coba diembuskan berbagai pihak. Ia menegaskan telah mempelajari setiap opsi yang ada dan praktik yang dilakukan banyak negara. Ia pun memamerkan kertas dokumen yang disebutnya berisi analisis kebijakan setiap negara.

Dari situlah ia menetapkan kebijakan yang tepat untuk Indonesisa saat ini adalah physical social distancing, bukan lockdown.

“Saya memiliki analisa-analisa seperti ini dari semua negara, ada semuanya. Kebijakan mereka apa, mereka melakukan apa, kemudian hasilnya seperti apa, semuanya dari Kementerian luar Negeri lewat Dubes-Dubes yang ada terus kita pantau setiap hari,” kata Jokowi.

Menjaga jarak aman dianggap yang paling tepat untuk saat ini. Ia  optimistis Indonesia bisa mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. Asalkan aturan itu benar-benar dijalankan dengan baik.

Masyarakat diminta untuk menjaga jarak dan isolasi diri. Namun, memang harus diakui hal itu  memerlukan disiplin yang kuat.

"Saya baca berita, ada yang sudah diisolasi masih membantu tetangganya yang mau hajatan. Ada yang sudah diisolasi, masih keliling belanja di pasar," ujar Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA