Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadapi Krisis Ekonomi, Pengamat: Jokowi Diam-diam Masih Butuh Rizal Ramli

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Selasa, 24 Maret 2020, 15:27 WIB
Hadapi Krisis Ekonomi, Pengamat: Jokowi Diam-diam Masih Butuh Rizal Ramli
Joko Widodo dan Rizal Ramli/Net
rmol news logo Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo yang pada akhirnya mau mengikuti sebagian saran ekonom senior Dr. Rizal Ramli, dalam mengatasi dampak virus corona baru (Covid-19) terhadap perekonomian Indonesia.

Pada acara "Indonesia Lawyers Club" yang tayang pada 17 Maret 2020, Rizal Ramli menyarakan pemerintah untuk melakukan realokasi APBN 2020 agar dampak virus corona terhadap perekonomian Indonesia bisa diminimalisir.

"Stop proyek-proyek infrastruktur besar 2020. Harus berani, jangan gengsi. Alokasikan anggaran hanya untuk sektor kesehatan, makanan dan daya beli rakyat miskin," ujar Rizal Ramli.

Jerry berpendapat, kini Presiden Jokowi sudah mulai bergerak persis sesuai saran Rizal Ramli. Terutama dalam hal realokasi anggaran pemerintahan untuk ketiga sektor: kesehatan, pangan, dan daya beli.

"Pertama, untuk mengalokasikan anggaran di sektor kesehatan. Tiga hari setelah Rizal Ramli bicara di TV, Presiden akhirnya pada 20 Maret 2020 menerbitkan Instruksi Presiden No. 20/2020. Inpres tersebut adalah tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona yang ditujukan untuk seluruh kementerian-lembaga dan pemda," ungkap Jerry Massie, Selasa (24/3).

Kedua, sambung Jerry, untuk sektor pangan. Sehari setelah acara ILC yang hadirkan Rizal Ramli, Jokowi pada 18 Maret 2020 langsung blusukan ke Gudang Bulog untuk memastikan ketersediaan bahan pangan utamanya beras dan meminta Dirut Bulog segera lakukan operasi pasar.

"Ketiga, untuk daya beli masyarakat miskin. Pada 22 Maret 2020, empat hari setelah Rizal Ramli bicara, Jurubicara Presiden Fadjroel Rachman akhirnya menyatakan, pemerintah akan menjamin perekonomian masyarakat yang terdampak wabah Covid-19," tutur peneliti politik dan kebijakan publik ini.

Jadi, lanjut Jerry Massie, Presiden Jokowi sangat membutuhkan pikiran dan tenaga Rizal Ramli dalam menghadapi kondisi ekonomi yang tepuruk akibat virus corona.

Melihat dari fakta bahwa kebijakan Presiden Jokowi dalam menangani dampak dari virus corona terhadap perekonomian Indonesia yang ternyata selaras dengan usulan Rizal Ramli, Jerry lantas mempertanyakan kinerja para menteri di bidang ekonomi dalam memberi kontribusi mengatasi persoalan ekonomi yang sangat serius.   

"Bila benar ternyata Jokowi diam-diam, tanpa kasih kredit, nurut arahan Rizal Ramli yang notabene bukan bagian pemerintah, lalu selama ini para menteri ekonomi itu sebenarnya gunanya apa?" tukas Jerry dalam keterangan tertulis kepada redaksi.

Jerry Massie justru berpendapat, di tengah perekonomian yang sedang dirundung masalah, Presiden Jokowi sebenarnya sangat merindukan sosok Rizal Ramli yang memiliki banyak terobosan dalam melewati badai perekonomian yang sedang mengguncang negeri ini.     

"Bukan saja dampak ekonomi dari virus corona, economic crisis, rupiah terpuruk-pun Rizal Ramli bisa membantu lewat point of view sudut pandang pemikirannya. Saya percaya Jokowi merindukan sosok pemikir seperti Rizal Ramli. Sebab, Rizal Ramli ekonom nomor satu Indonesia yang all around mulai dari financial, operational managment, macroeconomics and microeconomics," tutup dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA