Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Realokasi Anggaran Daerah Penting Disegerakan Agar RT/RW Bisa Bergerak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 25 Maret 2020, 10:44 WIB
Realokasi Anggaran Daerah Penting Disegerakan Agar RT/RW Bisa Bergerak
Penyemprotan disinfektan/Net
rmol news logo Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengimbau kepada seluruh pemerintah daerah (Pemda) untuk segera melakukan realokasi anggaran perjalanan dinas dan beberapa anggaran lainnya yang terhitung tidak penting.

Direktur Manajemen Penanggulanagan Bencana dan Kebakaran Kemendagri Syafrizal mengatakan, realokasi anggaran itu mesti dilakukan. Mengingat dananya bisa digunakan untuk penanganan dan pencegahan wabah virus corona atau Covid-19. 

"Kegiatan-kegiatan yang dirasakan tidak penting atau tidak perlu dilaksanakan sekarang, maka bisa direalokasi menjadi anggaran penanganan, seperti belanja perjalanan dinas," ucap Syafrizal di Gedung Graha BNPB, Jalan Pramuka Raya, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (25/3).

Anggaran perjalanan dinas Pemda yang akan direalokasi itu, disebutkan Syafrizal, akan digunakan untuk sejumlah hal. Misalnya, dalam rangka kegiatan penanganan ialah untuk penambahan kapasitas rumah sakit dan ruangan isolasi.

Selain itu, dalam rangka pencegahan, misalnya pengadaan disinfektan, pengadaan alat pelindung diri (APD), dan juga tindakan tindakan mitigasi maupun sosialisasi.

"Mulai dari level provinsi kabupaten kota, kemudian Kecamatan, Kelurahan, Desa sampai ke RT/RW, Semuanya perlu digerakkan," Syafrizal memaparkan.

Saat ini, lanjut Syafrizal, pemerintah juga tengah mekinimalisir angka penularan virus corona, yakni dengan cara menerapkan kebijakan social distancing (pembatasan kegiatan sosial) dan self isolated (isolasi mandiri) di masyarakat.

Oleh karena itu, perlu ada jaminan bagi masyarakat yang melakukan work from home, school from home and stay at home, terkait dengan kebutuhan logistiknya.

"Ini perlu disupport dengan kebutuhan dasar. Oleh karenanya Pemda perlu juga mengalokasikan untuk mencukupkan kebutuhan layanan dasar, seperti logistik dan lain semacamnya," demikian Syafrizal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA