Usulkan Opsi Lockdown, Masinton: Jangan Ada Egoisme Kebijakan Antara Pusat Dan Daerah

Kamis, 26 Maret 2020, 09:58 WIB
Laporan: Raiza Andini

Masinton Pasaribu/Net

Pasien virus corona yang meninggal setiap hari terus bertambah. Bahkan, jumlah orang yang dinyatakan positif mengidap Covid-19 di Indonesia sudah makin mendekati 1.000 kasus.

Untuk itulah, anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu, meminta pemerintah pusat dan daerah dapat mempertimbangkan opsi Lockdown, mengingat makin banyak korban meninggal dunia akibat Covid-19.

“Jangan ada egoisme kebijakan antara pemerintah pusat maupun pemerintah daerah DKI Jakarta. Keselamatan dan kesehatan rakyat adalah yang utama. Singkirkan egoisme, bangun sinergitas dan solidaritas antara pemerintahan pusat dan daerah,” ujar Masinton lewat keterangannya, Kamis (26/3).

Anies Baswedan, kata Masinton, selaku Gubernur DKI Jakarta sekaligus kepala pemerintahan ibukota juga diminta harus mau mendengarkan dan melaksanakan arahan pemerintah pusat.

“Begitupun sebaliknya, pemerintah pusat harus aspiratif dan akomodatif mendengarkan aspirasi pemerintah daerah. Kita belum terlambat, asal kita mau mempersiapkannya secara profesional,” katanya.

Menurut Masinton, hampir semua negara yang terjangkit wabah virus corona ini tidak siap menghadapi merebaknya pandemik Covid-19 tersebut. Namun, berbagai negara sigap dan cepat dalam melakukan penanganan.

“Maka, pemerintah pusat dan pemerintah daerah DKI Jakarta segera bersama-sama lakukan langkah mitigasi secara cepat, terukur, dan efektif. Kerahkan seluruh sumber daya maupun sumber dana pemerintahan daerah DKI untuk melindungi warga Jakarta,” tandasnya.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020