Fadli Zon Desak Pemerintah Beri Kepastian Soal Ibadah Haji Tahun Ini, Ditiadakan Atau Diadakan?

Kamis, 26 Maret 2020, 11:13 WIB
Laporan: Faisal Aristama

Fadli Zon minta ketegasan pemerintah soal ibadah haji tahun ini/Net

Pemerintah diminta segera memikirkan kebijakan darurat terkait penyelenggaraan ibadah haji 2020 di tengah wabah Covid-19 saat ini. Apakah ibadah haji tahun ini diadakan atau ditiadakan sama sekali.

Terlebih, pemerintah Arab Saudi telah mengirimkan surat pada 13 Maret lalu tentang penundaan bayar kontrak layanan haji 1441 H/2020. Namun, belum ada sikap tegas pemerintah dalam menyikapi hal itu.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dalam keterangannya saat lalu, Kamis (26/3).

"Pemerintah perlu mengambil langkah proaktif. Sehingga, pemerintah Indonesia harus segera membuat keputusan apakah pemberangkatan jamaah haji tahun ini akan diteruskan atau ditiadakan," tegas Fadli Zon.

Lanjut Fadli Zon, pemerintahan dalam hal ini Kementerian Agama seharusnya belajar dari kejadian pembatalan umrah yang diputuskan Arab Saudi beberapa waktu lalu. Bukan malah cenderung pasif menyikapi kebijakan Lockdown dari pemerintah Arab Saudi.

"Menurut saya, terkait kondisi darurat global Covid-19, Indonesia tidak harus selalu menunggu keputusan resmi pemerintah Arab Saudi. Kita bisa, bahkan harus segera membuat keputusan sendiri berdasarkan kondisi terkini di dalam negeri serta proyeksi wabah, setidaknya hingga dua bulan ke depan," demikian Fadli Zon.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19: Luhut dan Jokowi Satu Suara Virus Corona Tidak Cocok Cuaca Panas Indonesia

Jumat, 03 April 2020
Video

JODHI YUDOYONO: Ketika Membayangkan | Puisi Hari Ini

Jumat, 03 April 2020
Video

Update COVID-19 | Jumat 3 April, Positif 1.986 orang, dan 181 Meninggal

Jumat, 03 April 2020