Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

40 Ton Alkes Dari China Tiba, Kemenko Marves: Bantuan Tahap II Datang Lagi Pekan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 27 Maret 2020, 11:55 WIB
40 Ton Alkes Dari China Tiba, Kemenko Marves: Bantuan Tahap II Datang Lagi Pekan Ini
Bantuan dari China/Net
rmol news logo Sebanyak 40 ton alat kesehatan yang diterbangkan dari Pudong, Shanghai telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Jumat dinihari (27/3) pukul 01.40. Bantuan tersebut diangkut dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Agung Kuswandono yang menyambut kedatangan bantuan itu mengurai bahwa bantuan berasal dari dari investor tiongkok yang berfokus pada hilirisasi minerba.

Menurutnya, bantuan merupakan tahap 1 yang disalurkan. Nantinya pada pekan ini akan ada bantuan tahap dua yang kembali datang.

“Alhamdulillah bantuan tahap 1 sudah tiba dengan selamat, selanjutnya minggu ini akan datang lagi yang tahap 2, kami bergerak cepat," ujar di Terminal Kargo 530 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jumat (27/3).

Agung mengurai bahwa bantuan tersebut didatangkan atas kerja sama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, BNPB, Bea Cukai, Garuda Indonesia, dan Angkasa Pura II.

Isi bantuan tersebut terdiri dari test kit Covid-19, swab kit, masker N95, masker bedah, hingga alat pelindung diri seperti baju, kacamata, sarung tangan, dan sebagainya. Seluruh bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan melalui BNPB, rumah sakit-rumah sakit, dan jaringan beberapa Fakultas Kedokteran.

Jurubicara (Jubir) Kemenko Marves Jodi Mahardi menjelaskan donatur bantuan sebagian besar adalah investor yang telah berinvestasi di Indonesia seperti di Morowali, Weda Bay, Obi, Kendari, Konawe, dan sekitarnya. Investor itu mengirimkan bantuan untuk membantu penanganan pandemi secara nasional, khususnya daerah tempat mereka berinvestasi.

“Saat ini barang yang dibutuhkan tenaga medis sangat langka, maka dari itu kami mengapresiasi para donatur yang sudah bergegas dalam mencari barang-barang yang dibutuhkan,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA