Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahfud MD: Pemerintah Akan Keluarkan Kebijakan Larangan Mudik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 27 Maret 2020, 21:48 WIB
Mahfud MD: Pemerintah Akan Keluarkan Kebijakan Larangan Mudik
Menkopolhukam, Mahfud MD/Net
rmol news logo Setiap orang yang berpergian ke suatu wilayah dijamin oleh UU, termasuk mudik yang merupakan hak konstitusional. Untuk itu, pemerintah tidak bisa serta merta melarangnya.

Begitu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD terkait wacana pelarangan mudik bagi masyarakat di tengah pandemik virus coroba baru alias Covid-19.

Namun demikian, ia mengakui saat ini pemerintah tengah berpikir untuk menerapkan larangan mudik, dengan dalil keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi.

“Sehingga pemerintah sekarang sedang menyiapkan satu rencana kebijakan agar orang tidak mudik dulu,” kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Jumat (27/3).

Selain rencana kebijakan pelarangan mudik, pemerintah juga sedang mengkaji larangan piknik, berkumpul dalam rangka pembagian zakat. Bahkan pemerintah telah meminta secara langsung kepada perusahaan dan BUMN tidak menggelar mudik gratis.

“Kalau ada anggaran untuk itu (mudik gratis) supaya diberikan untuk benda yang berkualitas dan bisa dimanfaatkan. Itu juga sedang didiskusikan dan akan diputuskan,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA