Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gerindra: Recovery Bond Berkaitan Dengan Rekening Sumbangan Pengusaha?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 28 Maret 2020, 04:50 WIB
Gerindra: <i>Recovery Bond</i> Berkaitan Dengan Rekening Sumbangan Pengusaha?
Kamrussamad/Net
rmol news logo Fraksi Gerindra menyoroti perihal program recovery bond yang diumumkan Sesmeko Perekonomian RI Susiwijono yang dinilai bertentanhan dengan konstitusi.

Recovery bond adalah surat utang pemerintah dalam bentuk rupiah yang bisa dibeli oleh Bank Indonesia (BI) dan pihak swasta lainnya, seperti importir, eksportir, dan sebagainya.

“Keputusan sesmenko yang umumkan program recovery bond bertentangan UU Bank Indonesia Pasal 55 ayat 1 s/d 5, kebijakan strategis recovery bond, seharusnya Menko Perekonomian yang menjelaskan,” ucap Anggota Komisi XI DPR RI, Kamrussamad kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (27/3).

Kamrussamad meminta Kemenko Perekonomian menjelaskan apa alasan pemerintah menerbitkan program recovery bond yang sama persis saat mengalami krisis 1998.

“Karena recovery bond harus dijelaskan ke publik landasan kebijakan dan sekema implementasinya, karena menyangkut beban negara dan beban rakyat di masa depan,” katanya.

Menurutnya, jika itu goverment bond maka hasilnya harus masuk ke APBN dan pengeluaranya dicatatkan sebagai belanja negara.

Oleh karena itu, Kamrussamad meminta penjelasan resmi dan lengkap mengenai program recovery bond tersebut.

“Apakah memiliki hubungan pembukaan rekening khusus sumbangan dari pengusaha yang diumumkan pemerintah lalu dibarter dengan recovery bond?” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA