Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng Swasta, Pemerintah Pusat Sediakan Hotel Bagi 1.100 Tenaga Medis Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 28 Maret 2020, 17:15 WIB
Gandeng Swasta, Pemerintah Pusat Sediakan Hotel Bagi 1.100 Tenaga Medis Covid-19
Menteri Kemenparekraf, Wishnutama/Net
rmol news logo Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan kerjasama dengan pengusaha hotel, dalam kaitannya dengan penanganan virus corona (Covid-19).

Menteri Parekraf, Whisnutama menjelaskan, kerjasama tersebut dilakukan bersama dengan Accor Hotels Group. Nantinya, sejumlah hotel dari perusahaan ini akan digunakan untuk tempat menginap tenaga medis yang menangani pasien corona di wilayah DKI Jakarta.

"Di tahap awal Kemenparekraf bersama Accor Group menyediakan fasilitas untuk Rumah Sakit di Jakarta. Ini sebagai tahap awal, yaitu (untuk tenaga medis) di rumah sakit RSCM, RSPAD, RS Sulianti Saroso dan RS Persahabatan," ujar Whisnutama di Gedung Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Sabtu (28/3).

Meski begitu, mantan CEO Net Media ini tidak menyebutkan secara rinci jumlah hotel yang akan digunakan bagi tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

"Tapi kamar ini diperuntukan untuk mengakomodasi 1.100 tenaga medis dengan skema berbagai macam tipe kamar," ucap Whisnutama.
Terkait hal ini, Kemenparekraf akan menanggung seluruh pembiayaan pelaksanaan penggunaan hotel untuk para tenaga medis Covid-19 ini.

Sebab, dengan sistem kerjasama, maka harga yang ditanggung pemerintah di bawah harga pasar.
"Dalam kerjasama ini hotel yang dipilih harus dapat mengikuti standar prosedur atau SOP yang berkaitan dengan pelayanan tamu. Sebagaimana yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dalam rangka penanganan Covid 19," ujar Whisnutama.

Diantara SOP yang mesti diterapkan ialah, penyemprotan disinfektan secara rutin, kegiatan sanitasi, pengaturan physical distancing, meminimalisir interaksi pelayan secara langsung, dan langkah-langkah lainnya yang telah direkomendasikan Menteri Kesehatan.

"Seluruh tenaga medis dan seluruh karyawan hotel akan melalui beberapa tahap antisipasi, seperti cek suhu badan, semprot desinfektan dan pemakaian alat pelindung diri," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA