Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MPR Dorong Pemerintah Pusat Dan Daerah Cari Langkah Strategis Atasi Wabah Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 29 Maret 2020, 04:41 WIB
MPR Dorong Pemerintah Pusat Dan Daerah Cari Langkah Strategis Atasi Wabah Corona
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat/Net
rmol news logo Peningkatan jumlah pasien yang positif corona membuat Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, prihatin. Perlu tindakan strategis dari pemerintah pusat dan daerah agar bisa menekan bahkan membuat jumlah pasien positif corona tidak lagi bertambah.

Data hingga Sabtu (28/3), jumlah pasien positif Covid-19 telah menembus angka 1.155 orang, dengan korban meninggal mencapai 102 orang.

Lestari Mordijat menilai, situasi saat ini harus disikapi dengan kewaspadaan tinggi dan kesiapan dari setiap elemen bangsa guna mengantisipasi puncak ledakan eksponensial. Pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan perlu mempersiapkan bantalan dan protokol penanganan, serta exercise terhadap berbagai kemungkinan yang dapat terjadi akibat wabah COVID-19 di berbagai sektor.

Untuk itu, dia meminta pemerintah segera melakukan evaluasi terhadap langkah-langkah yang telah dilakukan guna mengatasi wabah Covid-19, guna melihat efektivitas kebijakan yang telah diambil. Hasil evaluasi juga bisa digunakan untuk mengambil langkah yang lebih terukur dan jauh lebih baik untuk menekan laju penularan Covid-19.

"Kemudian mendorong langkah-langkah sistematis dan koordinatif antara pemerintah pusat dan daerah di bawah kendali Gugus Tugas SATGAS COVID 19. Dengan demikian langkah penanganan bisa dilakukan secara simultan serta harmonis," ucap Lestari melalui keterangannya, Sabtu (28/3).

MPR akan terus mendorong kesiapan daerah menjalankan protokol kesehatan dalam penanganan pasien Covid 19 dengan standar yang memadai.

Tak hanya itu, lanjut Lestari, pemerintah juga harus lebih masif menggunakan semua instrumen komunikasi publik baik media massa maupun media sosial dengan kampanye komunikasi yang terstruktur. Sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi secara utuh, baik dan benar mengenai bahaya yang akan terjadi jika bangsa ini tidak bersama mencegah penyebaran lewat social distancing  & physical distancing.

"Kami juga mendorong pemerintah untuk melibatkan seluruh ormas yang memiliki jaringan luas hingga ke akar rumput untuk bisa melakukan sosialisasi dan pendekatan secara kultural. Bila langkah persuasif dinilai tidak memenuhi harapan, pemerintah harus segera mengambil langkah tegas untuk memastikan berhasilnya social and physical distancing," ujarnya.

Tak lupa, apresiasi patut diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah bekerja keras membantu mengatasi wabah corona ini. Terutama mereka yang berada di garda terdepan.

"Memberikan apresiasi terhadap masyarakat luas, lembaga swadya masyarakat, pihak swasta nasional maupun BUMN yang turun tangan membantu pemerintah dalam hal menyiapkan kapasitas rumah sakit, APD, obat-obatan dan lainnya," demikian Lestari Moerdijat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA