Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ilham Habibie Minta Pemerintah Alokasikan Anggaran Untuk Lindungi Masyarakat Rentan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Minggu, 29 Maret 2020, 15:11 WIB
Ilham Habibie Minta Pemerintah Alokasikan Anggaran Untuk Lindungi Masyarakat Rentan
Ilham Habibie/Net
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini diprediksi Bank Indonesia akan turun menjadi 4,2 hingga 4,6 persen. Prediksi itu didasarkan pada perlambatan ekonomi global pada angka 2,5 persen.

Namun demikian, kata Ketua Dewan Pembina The Habibie Center, Ilham Akbar Habibie, dampak infeksi Covid-19 akan memperburuk keadaan. Ini lantaran wabah dari Wuhan, China itu menyerang langsung warga dan kondisi lapangan kerja.

“Terutama karena 57,27 persen (74,08 juta) berasal dari sektor informal, yang rentan dan berpotensi meningkatkan angka pengangguran yang sudah berada pada tingkat 5,01 persen (6,83 juta) sejak Februari 2019 yang lalu,” tuturnya kepada redaksi, Minggu (29/3).

Singkatnya, putra sulung Presiden ketiga RI, BJ Habibie itu ingin agar ada kebijakan konkret menahan penyebaran (containment) wabah Covid-19.

Harus ada juga kebijakan alokasi anggaran untuk perlindungan kehidupan (survival) masyarakat rentan tersebut, termasuk kebijakan untuk mempertahankan pasokan bahan-bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terkendali.

Selain stimulus ekonomi sektor informal yang rentan, keperluan stimulus sektor industri farmasi dan alat-alat kesehatan juga merupakan prioritas pada situasi ini.

“Selain itu, stimulus ekonomi terhadap sektor UMKM, manufaktur, pariwisata, pertanian/perkebunan/perikanan, jasa dan sektor lainnya perlu dipetakan berdasarkan karakteristik kewilayahan tiap-tiap daerah yang berbeda,” demikian Ilham Habibie. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA