Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berbagai Strategi Harus Disiapkan Untuk Perang Lawan Covid-19, Termasuk Karantina Wilayah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 30 Maret 2020, 08:26 WIB
Berbagai Strategi Harus Disiapkan Untuk Perang Lawan Covid-19, Termasuk Karantina Wilayah
Fahira Idris/Net
rmol news logo Berbagai opsi harus dipersiapkan untuk berperang melawan virus corona baru atau Covid-19. Termasuk mempersiapkan opsi melakukan karantina wilayah secara selektif.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggota DPD RI Fahira Idris mengatakan bahwa penyiapan berbagai opsi ini penting dan harus dilakukan sebagai strategi agar Indonesia bisa memenangkan atau menghentikan laju penyebaran Covid-19.

“Terlebih, disiplin pembatasan jarak dari pemerintah ternyata tidak efektif menghambat dan menghentikan penularan Covid-19,” tuturnya kepada redaksi, Senin (30/3).

Fahira mengurai sudah berkali-kali menegaskan bahwa tantangan terbesar dalam perjuangan melawan Covid-19 adalah kecepatan dan ketepatan waktu. Untuk itu, berbagai strategi atau kebijakan yang telah dilakukan pemerintah secara cepat dan berkala harus terus dievaluasi demi mengetahui kadar efektivitasnya.

“Jika ternyata belum sepenuhnya efektif, maka strateginya secepat mungkin harus diperbaiki atau diubah. Itulah kenapa, semua opsi harus disiapkan,” sambung Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini.

Karantina wilayah perlu disiapkan, terutama untuk kota-kota yang jadi episenter. Salah satunya dengan menyiapkan pra kondisi, sehingga warga tidak panik dan tetap tenang.

“Di sisi lain, karantina wilayah juga harus dibarengi dengan kesiapan pemerintah terutama menjamin ketersedian kebutuhan pokok masyarakat dan kebutuhan dasar lain bisa terpenuhi,” tutupnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA