Farah.ID
Farah.ID

Masuk Survei Menteri Terbaik, Pengamat: Erick Thohir Punya Gebrakan Dan Tak Berorientasi Kekayaan

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 30 Maret 2020, 15:19 WIB
Masuk Survei Menteri Terbaik, Pengamat: Erick Thohir Punya Gebrakan Dan Tak Berorientasi Kekayaan
Menteri BUMN, Erick Thohir/Net
Baru-baru ini Charta Politika merilis hasil survei terkait kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju. Hasilnya, nama Erick Thohir, Prabowo Subianto, Srui Mulyani, Nadiem Makarim, dan Mahfud MD masuk lima besar yang dinilai publik memiliki kinerja terbaik.

Menurut pandangan pengamat politik Undip, Teguh Yuwono, pembantu Jokowi tersebut merupakan menteri yang punya gebrakan dan berani mengambil keputusan.

"Publik selalu menunggu menteri menteri yang berani mengambil keputusan. Menteri-menteri yang berani mengambil risiko kebijakan yang tentu berorientasi kepada upaya menjaga kredibilitas, menjaga kekayaan negara, menjaga keamanan negara," kata Teguh saat dihubungi wartawan, Senin (30/3).

Ia menilai, nama-nama yang muncul di sejumlah lembaga survei sudah dirasakan kinerjanya oleh publik. Sehingga wajar nama Prabowo dan Erick serta beberapa nama lain memiliki persepsi yang sangat baik. Selain apa yang mereka kerjakan diketahui publik, keputusan yang diambil menteri pun dirasakan dampaknya.

"Jadi tentu bisa dipahami jika nama (menteri) yang muncul kemudian menteri yang bikin gebrakan," sambung Teguh.

Seperti Menteri BUMN, Erick Thohir yang dipandang tidak punya banyak kepentingan sehingga keputusannya lebih berdasarkan profesionalisme. Pun demikian sosok Mendikbud Nadiem Makarim.

Secara umum, Teguh menilai menteri-menteri yang diapresiasi publik umumnya adalah sosok yang punya visi dan terobosan di sektor yang dipimpinnya.

"Kemunculan Erick Thohir bida dilihat bahwa publik mengapresiasi orang-orang yang tak lagi berorientasi pada kekayaan pribadi atau kepentingan pribadi," sambungnya.

Sebab secara finansial, kapasitas Erick sudah mumpuni. Oleh karenanya, lanjut Teguh, posisi menteri yang dikejar kini adalah aktuasliasi diri.

"Erick Thohir kan secara kekayaan termasuk menteri yang sudah sangat mumpuni, dia tak butuh apa-apa lagi. Dia hanya butuh aktualisasi diri. Jadi saya kira karena background ekonominya begitu kuat, menjadi leluasa dan menjadi mudah untuk melakukan gebrakan-gebrakan," tandasnya.

Sebelumnya, Charta Politika mengeluarkan hasil yang menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat pada pemerintah. Hasilnya menunjukkan tingkat kepuasan pada pemerintah berada di kisaran 70,7 persen.

Menhan Prabowo Subianto menjadi menteri dengan tingkat kepuasan masyarakat sebesar 16,8%; Menteri BUMN, Erick Thohir 14,3%; Menkopolhukam, Mahfud MD 9,6%; Mendikbud, Nadiem Makarim 7,1%; Menkeu, Sri Mulyani 5,3%; Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Marsudi 2,3%. Disusul Tito Karnavian 1,6%; Syahrul Yasin Limpo 1,4%; Basuki Hadimuljono 1,3%, dan Luhut Binsar Panjaitan 0,9 %.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA