Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka Paripurna, Puan Maharani Awali Pidato Dengan Mendoakan 2 Anggota DPR Yang Wafat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 30 Maret 2020, 15:29 WIB
Buka Paripurna, Puan Maharani Awali Pidato Dengan Mendoakan 2 Anggota DPR Yang Wafat
Ketua DPR Puan Maharani/Rep
rmol news logo Rapat Paripurna DPR RI untuk pembukaan masa sidang ke III tahun 2020 yang dilangsungkan pada hari ini, Senin (30/3), berlangsung tidak seperti biasa.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pasalnya, di tengah situasi pandemik virus corona (Covid-19), paripurna dihadiri fisik oleh hanya beberapa utusan fraksi, sisanya mengikuti rapat secara virtual.

Ketua DPR Puan Maharani memimpin langsung paripurna. Dia didampingi dua wakil ketua Azis Syamsuddin dan Rachmad Gobel.

Mengawali pidatonya, Puan mengucapkan belasungkawa atas wafatnya dua orang anggota dewan yakni anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Imam Suroso dan anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Imran.

"Pada kesempatan ini juga, kami menyampaikan belasungkawa yang mendalam untuk rekan kita, Bapak H. Imam Suroso yang telah meninggal dunia dan Bapak Drs. H. Imran. Semoga almarhum diberi tempat yang terbaik di sisi-Nya," ujar Puan, di Ruang Paripurna II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/3).

Selanjutnya, Puan menyatakan untuk menjalankan fungsi legislasi DPR bersama pemerintah dan DPD akan melakukan pembahasan terhadap sejumlah RUU pada pembicaraan tingkat I.

Antara lain RUU tentang Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Swedia tentang Kerja Sama dalam Bidang Pertahanan. Kemudian, RUU tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba), RUU tentang Daerah Kepulauan, yang telah diusulkan oleh DPD, serta RUU tentang Pelindungan Data Pribadi.

Selain itu, terkait 50 RUU yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas 2020) masih dicari win-win solution alias jalan terbaik meskipun di tengah pandemik saat ini.

"Dalam situasi saat ini, diperlukan atensi kita bersama, yaitu DPR dan pemerintah, untuk dapat mencari solusi terbaik dalam menuntaskan tugas konstitusional tersebut sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan," demikian Puan Maharani.

Sekadar informasi, rapat paripurna kali ini dihadiri secara fidik oleh 45 anggota dewan lintas fraksi, dan secara virtual diikuti oleh 297 anggota dewan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA