Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Begini Protokol Kesehatan Bagi Pekerja Migran Yang Kembali Ke Tanah Air

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 31 Maret 2020, 15:13 WIB
Begini Protokol Kesehatan Bagi Pekerja Migran Yang Kembali Ke Tanah Air
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Sebanyak tiga ribu pekerja migran kembali dari Malaysia setiap hari dalam beberapa hari terakhir. Kehadiran ini dikhawatirkan akan berdampak pada sebaran Covid-19 yang sedang dikendalikan di Indonesia.

Atas alasan itu, Presiden Joko Widodo meminta kepada jajarannya untuk mengendalikan kehadiran mereka. Baik di pelabuhan maupun di bandara.

Jokowi mengingatkan bahwa prinsip utama yang dipegang pemerintah dalam menghadapi arus balik pekerja migram ini adalah bagaimana negara melindungi kesehatan para WNI yang kembali dan melindungi kesehatan masyarakat yang berada di tanah air

Untuk itu, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan yang dilakukan secara ketat baik di bandara, di pelabuhan, dan di pos lintas batas.

Bagi mereka yang tidak ada gejala, bisa dipulangkan ke daerah masing-masing dengan status sebagai orang dalam pemantauan (ODP)

"Jadi setelah sampai di daerah betul-betul kita harus menjalankan protokol isolasi secara mandiri dengan penuh disiplin,” ujarnya.

Tidak lupa Jokowi juga meminta agar program bantuan sosial juga diberikan kepada mereka yang dinilai memerlukan,

Sedangkan bagi mereka yang memiliki gejala, harus dilakukan proses isolasi di rumah sakit yang telah disiapkan pemerintah.

“Misalnya di Pulau Galang,” demikian Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA