Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cak Imin Ingatkan Pemerintah Soal Utang Luar Negeri Yang Bisa Bikin Indonesia Tidak Merdeka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 01 April 2020, 08:38 WIB
Cak Imin Ingatkan Pemerintah Soal Utang Luar Negeri Yang Bisa Bikin Indonesia Tidak Merdeka
Muhaimin Iskandar/Net
rmol news logo Kecemasan yang diakibatkan wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia tak hanya soal jumlah korban terinfeksi virus tersebut yang terus bertambah setiap hari. Tapi juga jumlah utang luar negeri yang makin membengkak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Abdul Muhaimin Iskandar, mengaku khawatir soal keterbatasan anggaran untuk penanggulangan bencana Covid-19 dan restrukturisasi ekonomi di Indonesia dapat menambah jumlah utang luar negeri.

“Saya melihat, dengan jumlah anggaran terbatas yang dimiliki Negara Republik Indonesia saat ini justru akan dapat membuka potensi godaan berutang ke luar negeri. Jangan sampai karena besaran utang membuat Indonesia tidak Merdeka,” kata pria yang kerap disapa Cak Imin ini dalam keterangannya di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (1/4).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun berharap pemerintah dapat memiliki solusi logis, cepat, dan tepat untuk menutup kebutuhan anggaran yang besar dalam situasi bencana nasional seperti saat ini.

“Tidak apa-apa negara ini berutang kepada mereka yang kaya di negeri ini, intinya dari dalam negeri sendiri. Mari dikumpulkan agar Indonesia dapat merdeka,” tuturnya.

Politikus dari daerah pemilihan Jawa Timur ini juga mengingatkan agar pemerintah punya kebijakan rasional. Maka itu, segala kebijakan mulai anggaran sampai dampak ekonominya harus dipikirkan pemerintah.

Tidak hanya pemerintah, seluruh kader PKB diminta Cak Imin agar dapat berperan aktif untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait gaya hidup sehat sampai cara berinteraksi yang wajar.

"Masyarakat harus tetap hidup sehat, menghindari kegiatan publik yang tidak perlu, dan aktif menyosialisasikan cara-cara pencegahan Covid-19 melalui media komunikasi, medsos, dan sebagainya," paparnya.

Tidak hanya pemerintah, Cak Imin pun mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebugaran tubuh dalam menghadapi virus corona.

"Pendapat dokter yang hebat, Covid-19 kalau masuk ke dalam badan Anda maka dia bisa mati sendiri, kalau badan Anda dalam keadaan fit. Antibodi akan menang. Tapi kalau Anda tidak fit maka virus akan menang, menyebabkan kita sakit," katanya.

Jadi, lanjut Cak Imin, yang harus dijaga adalah kebugaran badan supaya fit, seperti olahraga teratur, tidur cukup, mengonsumsi vitamin, juga makan makanan berserat.

"Ditambah, tidak boleh rasa takut. Karena kalau kita takut, secara psikologis antibodi kita juga akan jadi lemah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA