Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Edhy Prabowo Optimis Indonesia Paling Siap Sediakan Pangan Pasca Serangan Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 01 April 2020, 19:27 WIB
Edhy Prabowo Optimis Indonesia Paling Siap Sediakan Pangan Pasca Serangan Corona
Menteri KKP Edhy Prabowo (kiri) melakukan video conference/Istimewa
rmol news logo Sikap optimisme ditunjukkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan tetap menggenjot produktifitas sektor perikanan meski saat ini tanah air sedang diserang wabah virus corona atau Covid-19.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo bahkan mengklaim Indonesia menjadi negara yang paling siap menyediakan pangan, khususnya bidang perikanan.

"Produktivitas harus tetap digenjot. Karena bagaimana pun juga, selama maupun setelah Covid-19, orang butuh makan. Mudah-mudahan setelah pandemik ini, Indonesia adalah negara yang paling siap dalam menyediakan, menyiapkan pangan untuk masyarakatnya, khususnya di bidang perikanan," ujar Menteri Edhy dalam konferensi persnya melalui video conference seusai melepas ekspor hasil perikanan di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (1/4).

Edhy menjelaskan, sektor yang digenjot tidak hanya perikanan tangkap, tapi juga budidaya. Untuk perikanan budidaya, potensi panennya mencapai 240 ribu ton dalam kurun waktu April hingga Juni 2020. Rinciannya 100 ribu ton untuk potensi panen udang, dan sisanya untuk komoditas perikanan budidaya air laut dan tawar.

"Untuk perikanan tangkap juga terus berproduksi, namun angkanya belum bisa dipastikan karena itu tergantung hasil tangkapan. Beda dengan sektor budidaya yang memang bisa dihitung," tambahnya.

Oleh karena itu, KKP menyiapkan langkah-langkah agar hasil produktivitas nelayan maupun pembudidaya nantinya dapat terserap. Diantaranya dengan menggandeng kementerian lain hingga penyiapan gudang berpendingin (cold storage).

"Kalau kita lihat, Kemensos punya anggaran (bantuan pangan nontunai). Kami sudah berkoordinasi dan tinggal teknisnya seperti apa," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA