Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saran Dari Dradjad Wibowo Agar Laju Ekonomi Tidak Minus Seperti Prediksi Sri Mulyani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 02 April 2020, 10:41 WIB
Saran Dari Dradjad Wibowo Agar Laju Ekonomi Tidak Minus Seperti Prediksi Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani/Net
rmol news logo Pemerintah mengumumkan bahwa pertumbuhan ekonomi akan ambruk gara-gara pandemik Covid-19. Skenario sangat berat dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, laju ekonomi tumbuh minus 0,4 persen di tahun ini.

Sedang skenario berat pertumbuhan ekonomi adalah berkisar di 2,3 persen, angka yang tetap jauh dari target APBN 2020 sebesar 5 persen.

Begawan ekonomi, Dradjad Wibowo menilai langkah pertama pemerintah yang harus dilakukan untuk membangkitkan laju ekonomi adalah dengan mengendalikan wabah Covid-19.

“Jika wabah tidak terkendali, memang ekonomi bisa ambruk. Simulasi Indef, untuk skenario wabah relatif moderat, pertimbuhan anjlok ke sekitar 2 persen,” ujar peneliti senior Indef tersebut kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (2/4).

Ketua Dewan Pakar PAN ini juga memprediksi jika wabah Covid-19 di Indonesia semakin besar dan Indonesia tak mampu mengendalikannya, maka pertumbuhan ekonomi bisa minus.

“Jika wabahnya berskala besar sekali, hemat saya pertumbuhan bisa nol atau minus. Pasar modal kan sudah hancur sekarang. Rupiah bisa lebih hancur lagi. Ini adalah skenario terburuk,” katanya.

Oleh karena itu, dia menekankan kepada pemerintah agar dapat mengendalikan wabah terlebih dahulu dibandingkan menyelamatkan ekonomi.

“Meski sudah telat, kita masih berpeluang menghindari skenario terburuk. Itu sebabnya saya selalu meneriakkan “cegah wabahnya dulu!”,” tegasnya.

“Jika wabah bisa dikendalikan, saya yakin kepercayaan pelaku pasar dan bisnis akan kembali. Otomatis ekonomi akan ikut pulih,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA