Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi IX: Rp 405,1 Triliun Bukan Angka Sedikit, Kawal!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 02 April 2020, 15:43 WIB
Komisi IX: Rp 405,1 Triliun Bukan Angka Sedikit, Kawal!
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Pemerintah telah menggelontorkan anggaran yang tidak main-main. Sebesar Rp 405,1 triliun disiapkan pemerintah untuk stimulus di tengah wabah virus corona.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggaran sebesar itu akan menjadi sia-sia jika menyalurannya tidak tidak tepat sasaran. Untuk itu, anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Nabil Haroen mengingatkan agar pemerintah menetapkan prioritas dan langkah yang tepat.

"Rp 405,1 triliun ini bukan angka yang sedikit. Tapi uang berapa pun yang digelontorkan untuk penanganan Covid-19 juga akan sia-sia jika tidak ada prioritas, atau salah langkah," kata Nabil, dalam keterangannya, Rabu (1/4).

Ia memahami, pemerintah telah menghitung masak-masak dan mempertimbangkan banyak rujukan sebelum memutuskan kebijakan ini. Maka amat disayangkan bila semua sia-sia hanya karena tidak tepat sasaran.

Nabil mengingatkan, banyak negara-negara besar dan modern yang tumbang oleh wabah Covid-19 ini. Contohnya Italia. Maka, ia berharap Indonesia bisa memaksimalkan potensi tanpa harus tumbang.

Ia menyadari tantangan setiap negara berbeda, maka angka Rp 405,1 triliun itu telah dianggap logis sesuai apa yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

"Mereka punya tantangan besar, yang beda-beda tiap negara. Jadi angka Rp 405,1 itu angka logis, yang harus dikawal bersama agar manfaatnya maksimal," ujar Nabil.

Nabil menyatakan, Komisi IX DPR RI akan berkoordinasi dengan instansi dan pihak-pihak terkait untuk menentukan langkah terbaik dalam pengawalan anggaran itu. Indonesia saat ini berada pada situasi yang membutuhkan kecepatan gerak.

"Sekaligus pengawasan detail dan cermat agar anggaran pemerintah untuk penanganan Covid-19 ini tepat sasaran," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA