Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mensos Juliari: Dana Rp 405 T Untuk Tangani Covid Bukti Negara Hadir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 02 April 2020, 18:55 WIB
Mensos Juliari: Dana Rp 405 T Untuk Tangani Covid Bukti Negara Hadir
Mensos Juliari Batubara/Ist
rmol news logo Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara mengatakan gelontoran stimulus Rp 405 triliun untuk penanganan Covid-19 merupakan salah satu bentuk kehadiran negara dalam rangka memitigasi dampak Coronavirus disease (Covid-19) atau virus SARS-CoV-2.

Penegasan menteri asal PDIP itu disampaikan saat konferensi pers bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid�"19 Doni Monardo dan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)  Bambang Soesatyo di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (2/4).

"Kehadiran negara di tengah masa situasi pandemi Covid-19 ini sebagaimana disampaikan presiden melengkapi dua paket stimulus yang terakhir digelontorkan Rp405 triliun," kata Juliari  Jakarta, Kamis (2/4).

Juliari mengatakan, dari paket stimulus Rp 405 triliun itu di antaranya dialokasikan untuk program "social safety net" atau jaring pengaman sosial sebesar Rp 110 triliun.

Dia berharap banyak program sosial lainnya bisa diterapkan di luar program bansos reguler seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Sembako, Kartu Prakerja, diskon tarif pelanggan listrik berdaya 450 va dan 900 va, subsidi bunga untuk masyarakat berpenghasilan rendah baik perumahan, kredit, sembako dan sebagainya.

"Kami ingin membuktikan negara benar-benar hadir dan ingin masyarakat terdampak untuk mendapatkan program-program terutama bantuan sosial agar beban yang dialami saudara kita yang terdampak bisa diminimalisasi," katanya.

Selain itu, Mensos Juliari berharap kepala daerah agar dapat melengkapi program-program bansos sesuai arahan Presiden Joko Widodo sehingga bisa memastikan warga di daerah terdampak benar-benar bisa mengurangi penderitaan yang mereka alami.

Juliari memastikan bahwa setiap unsur di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid�"19 sedang bekerja keras.

Berbagai kementerian dan lembaga , tambah Juliari sedang bersinergi untuk mengatasi Covid-19 sehingga dapat segera berakhir.
"Program di bidang kesehatan dan program insentif dunia usaha khususnya UMKM akan terus dalam waktu dekat digelotorkan. Kami berharap Pemda agar melengkapi program tersebut," tutup Mensos.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA