Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersurat Ke Sri Mulyani, Anies Minta Dana Bagi Hasil Rp 2,4 T Milik Jakarta Segera Dicairkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 02 April 2020, 21:53 WIB
Bersurat Ke Sri Mulyani, Anies Minta Dana Bagi Hasil Rp 2,4 T Milik Jakarta Segera Dicairkan
Wapres RI Maruf Amin saat videoconference dengan Gubernur DKI Anies Baswedan/Repro
rmol news logo Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengalokasikan dana Rp 3 triliun lebih untuk penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) di DKI Jakarta.

Anies menyampaikan apabila dibutuhkan anggaran lebih, Pemprov DKI Jakarta masih memiliki dana yang berasal dari bagi hasil.

"Ketika ratas (rapat terbatas) kita sampaikan bahwa ada dana bagi hasil yang sesungguhnya perlu segera dieksekusi karena itu akan membantu sekali," ujar Anies saat melakukan Video Conference bersama Wakil Presiden RI, Maruf Amin, Kamis (2/4).

Anies menjelaskan, merujuk pada tagihan tahun lalu, piutang dari Kementerian Keuangan kepada Jakarta semula nilainya ada Rp 6,4 triliun.

Namun karena ada beberapa penyesuaian dan berubah akhirnya menjadi Rp 5,1 triliun.

Kemudian selain piutang yang ditanggung Menkeu sebesar Rp 5,1 T, ada pula dana bagi hasil tahun ini Kuartal kedua sebesar Rp 2,4 triliun.

"Kami berharap itu bisa segera dicairkan," ungkap Anies.
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan tantangan di Jakarta sesungguhnya bukan pada anggaran, tetapi pada cash flow. Untuk itu Anies berharap dana itu bisa dicairkan sehingga memiliki  keleluasaan secara cash flow.

"Itu kemarin yang kita laporkan kepada bapak Presiden pada saat ratas bahwa kita berharap dana bagi hasil itu segera ditransfer. Saya juga  sudah menyampaikan secara resmi melalui surat kepada Menteri Keuangan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA