Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Penanganan Corona Bersama Kemenkes, Komisi IX DPR Beri 7 Catatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 03 April 2020, 09:18 WIB
Bahas Penanganan Corona Bersama Kemenkes, Komisi IX DPR Beri 7 Catatan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Komisi IX DPR RI menggelar rapat kerja bersama Kementerian Kesehatan yang dilakukan secara virtual sejak pukul Kamis (2/4) pukul 19.00 WIB hingga 02.33 WIB Jumat dinihari, (5/4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dari pihak Kementerian Kesehatan hadir Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto beserta jajarannya juga Ketua Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 sekaligus Ketua BNPB, Doni Monardo.

Adapun kesimpulan rapat kerja Komisi IX DPR bersama Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19 dibacakan oleh Wakil Ketua Umum Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh.

“Komisi IX DPR RI mendukung penuh upaya penanggulangan pandemik Covid-19 terutama dalam hal penyediaan kebijakan infrastruktur dan prosedur pencegahan dan respons yang telah dilakukan pemerintah,” kata Nihayatul secara virtual, Jumat dinihari (5/4).

Selain itu, Komisi IX juga memberikan beberapa catatan dan permintaan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan.

Pertama, mempercepat dan memastikan pemenuhan kebutuhan dan distribusi APD sesuai dengan standar WHO dan pelaksanaan rapid test sebagai upaya perlindungan kepada seluruh tenaga kesehatan yang menjadi frontliner penanganan Covid-19.

Kedua, mempercepat pembuatan regulasi yang efektif dan efisien terkait pengaturan sistem kerja, pemberian insentif, dan santunan kematian tenaga medis/kesehatan yang menjadi frontliner penanganan Covid-19.

Ketiga, percepatan deteksi Covid-19 di masyarakat melalui penggunaan swab test (PCR) dan rapid test sesuai standar yang ditetapkan Kementerian Kesehatan RI dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk rumah sakit dan laboratorium baik milik pemerintah maupun swasta.

Keempat, secara progresif melakukan koordinasi bersama seluruh pihak terkait termasuk asosiasi alat kesehatan dan industri farmasi untuk pemenuhan obat dan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan bagi upaya deteksi, pencegahan, dan respons penanganan Covid-19.

Kelima, mempercepat peningkatan kapasitas layanan kesehatan di rumah sakit rujukan, rumah sakit di daerah terpencil, perbatasan negara serta kepulauan, Wisma Atlet, Secondliner, serta jejaring laboratorium.

Keenam, memperluas jejaring rumah sakit rujukan Covid-19 dan laboratorium agar dapat terdistribusi secara merata di seluruh Indonesia

Dan yang terakhir, secara masif melakukan komunikasi informasi dan edukasi yang komprehensif terkait penanganan Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA