Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Elektrifikasi Sudah Lebihi Target, Tapi Akses Dan Kualitas Masih Di Bawah Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 03 April 2020, 11:47 WIB
Jokowi: Elektrifikasi Sudah Lebihi Target, Tapi Akses Dan Kualitas Masih Di Bawah Malaysia
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo kembali menggelar Rapat Terbatas (Ratas) bersama jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju via teleconference dari Istana Bogor, Jumat (3/4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam Ratas kali ini, Jokowi membahas mengenai peningkatan rasio penyaluran listrik di pedesaan, atau elektrifikasi pedesaan.   

"Kita akan bahas pagi hari ini mengenai peningkatan rasio elektrifikasi pedesaan. Rasio elektrifikasi hingga 2020 ini telah mencapai 99,48 persen," sebut Jokowi.

Persentase itu, diklaim Jokowi meningkat signifikan dari periode 2014 lalu yang baru mencapai 84 persen. Bahkan mantan walikota Solo tersebut mengatakan, capaian pemerintahannya telah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015 hingga 2019 yang sebesar 96 persen.

Namun demikian, Jokowi mengakui bahwa akses listrik secara populasi (Electricity Access Population) Indonesia masih jauh tertinggal dari negara-negara tetangganya di Asia, terutama Singapura.

"Indonesia berada di peringkat 95, masih tertinggal dari Malaysia peringkat 87, Vietnam peringkat 84 dan Singapura, Thailand, Tiongkok, Korsel berada pada peringkat 2," sebut mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Selain tertinggal dari segi akses, dari segi kualitas kapasitas kelistrikan (Electricity Supply Quality) dalam negeri juga masih berada di peringkat 54, jauh di bawah Singapura.

"Filipina 53, Malaysia 38, Thailand 31, Tiongkok 18, Singapur di peringkat kedua," demikian Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA