Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kritik Penanganan Covid-19, Djohermansyah Djohan: Kalau Peperangan Hanya Imbau-imbau, Mati Anak Buah Di Lapangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 04 April 2020, 15:25 WIB
Kritik Penanganan Covid-19, Djohermansyah Djohan: Kalau Peperangan Hanya Imbau-imbau, Mati Anak Buah Di Lapangan
Presiden Jokowi saat umumkan status darurat kesehatan/Repro
RMOL. Pemerintah dianggap kurang tegas dalam mengeluarkan kebijakan untuk menekan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19), salah satunya soal larangan mudik.

Pakar otonomi daerah Djohermansyah Djohan mengatakan, sikap Pemerintah Pusat kurang tegas sehingga membuat Pemerintah Daerah bingung untuk mengambil langkah-langkah pencegahan

"Jangan dengan imbauan, pusat itu memimpin peperangan. Kalau peperangan hanya imbau-imbau, ya mati anak buah di lapangan," kata Djohermansyah, Sabtu (4/4).

Tidak hanya itu, mantan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini juga mengharapkan Pemerintah Pusat lebih tegas dalam membuat suatu kebijakan, dalam hal ini adalah karantina wilayah.

Menurut Djohermansyah, kebijakan karantina wilayah diperlukan agar ada koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah dalam pencegahan virus corona.
"Strategi perangnya harus high profile, tidak bisa lagi low profile. Supaya Pemda bersemangat maka arahan dan kebijakan pusat harus jelas," ujar Djohermansyah.

Ia mengkritik langkah yang diambil pemerintah pusat yang melarang pemda membuat kebijakan dalam pencegahan virus corona. Sebab, yang mengerti daerahnya adalah pemda itu sendiri.

"Saya mencatat banyak ide bagus, yang penting sebetulnya pusat harus akomodatif terhadap ide-ide daerah," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA