Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Harus Evaluasi Faskes Yang Masih Mengecewakan Di Saat Pandemik Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 05 April 2020, 08:18 WIB
Pemerintah Harus Evaluasi Faskes Yang Masih Mengecewakan Di Saat Pandemik Covid-19
Mantan Sekjen ProDEM Satyo Purwanto/Net
rmol news logo Pemerintah pusat harus segera melakukan evaluasi soal fasilitas kesehatan (faskes) yang semakin terlihat buruk pelayanannya di saat pandemik virus corona atau Covid-19.

Aktivis yang juga mantan Sekjen ProDEM, Satyo Purwanto mengaku tak heran jika masih ada pasien yang mengeluhkan pelayanan di rumah sakit.

Contohnya seperti apa yang dialami oleh seorang wanita bernama Erni Aqilah yang sempat mengeluh pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Sidempuan saat tengah di isolasi akibat terpapar Covid-19.

"Soal pelayanan publik di republik ini kan memang sudah jadi rumor rahasia umum, birokrasi pemerintah tak terkecuali di RS ataupun RSUD sering mengecewakan karena buruknya pelayanan," ucap Satyo Purwanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (5/4).

Pandemik Covid-19, sambungnya, semakin memperlihatkan ketidaksiapan rumah sakit menghadapi kedaruratan.

“Ini harusnya menjadi tugas pemerintah di semua level, pusat, provinsi dan Kabupaten/kota," jelasnya.

Satyo menambahkan, ketidaksiapan menghadapi situasi darurat saat ini bukan hanya pada sekitar sarana atau prasarana, melainkan pelayanan, Sumber Daya Manusia (SDM) di rumah sakit, khususnya di daerah.

“Prasarana kesehatan RS dan infrastrukturnya mestinya kembali dikelola oleh pemerintah pusat. Sehingga evaluasi kinerja dan pelayanan bisa lebih di monitor karena berdampak langsung kepada masyarakat miskin khususnya di daerah," tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA