Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yang Menimpa Almarhumah Erni Aqilah Jangan Sampai Terulang, Pemerintah Harus Perhatikan Sarana Prasarana RS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 06 April 2020, 10:18 WIB
Yang Menimpa Almarhumah Erni Aqilah Jangan Sampai Terulang, Pemerintah Harus Perhatikan Sarana Prasarana RS
RSUD Padang Sidempuan/Net
rmol news logo Komisi IX DPR mendesak pemerintah segera melakukan evaluasi untuk meningkatkan sarana dan prasarana rumah sakit (RS) yang menangani pasien Covid-19, terutama di RSUD Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Hal itu menyusul meninggalnya seorang pasien Covid-19 bernama Ibu Erni Aqilah Abyan yang sempat mengeluh minimnya alat kesehatan di RSUD Padang Sidempuan.

Begitu ditegaskan anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Senin (6/4).

"Saya meminta dan mendesak agar pemerintah segera melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 di RSUD Padang Sidempuan," ujar Saleh Daulay.

Apalagi, RSUD Padang Sidempuan merupakan RS rujukan yang secara resmi ditunjuk oleh pemerintah untuk menangani pasien terinfeksi virus corona. Tercatat, ada tujuh kabupaten/kota yang membutuhkan rumah sakit tersebut sebagai rujukan.

"Ini penting diingatkan, mengingat jarak antara RSUD Padang Sidempuan dengan rumah sakit rujukan lainnya jauh. Jika RSUD Padang Sidempuan tidak siap, pasien terpaksa dirujuk ke Kota Medan. Itu bisa memakan waktu perjalan 10-12 Jam. Tentu ini sangat riskan mengingat Covid-19 ini menyerangnya cukup mendadak," sebut Saleh Daulay.

Atas dasar itu, legislator asal Sumatera Utara II ini menegaskan bahwa pemerintah mesti segera melengkapi alat kesehatan terutama di RS Padang Sidempuan. Sebab, dia tidak ingin ada peristiwa serupa seperti yang dialami almarhumah Ibu Erni Aqilah Abyan.

"Cukup sekali kasus seperti ini menimpa warga masyarakat di sana. Ini saja sudah menyisakan duka. Apalagi kasus ini sampai diketahui cukup luas oleh masyarakat," tukas Saleh Daulay yang juga Wakil Ketua Fraksi PAN. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA